Forkopimda Kota Bekasi sidak lapangan usai rakor pam Natal dan Tahun Baru. (humas)

Forkopimda Bekasi Rakor Pam Natal dan Tahun Baru

BEKASI (IndependensI.com)- Guna menciptakan kondisi yang aman dan kondusif dalam peryaaan Natal  2019 dan Tahun Baru 2020, Forum Komunikasi Pimpiman Daerah (Forkopimda) Kota Bekasi, Senin (23/12/2019) selenggarakan rapat koordinasi. Rakor  dipimpin Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto.

Rapat dihadiri Dandim 0507/Bks Bekasi Letkol Rama Pratama, Kapolrestro Bekasi Kota Kombes Indarto, Sekda Kota Bekasi, Reny Hendrawati serta beberapa pejabat terkait,  Camat serta Lurah se Kota Bekasi.

“Rapat ini dilaksanakan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat Kota Bekasi yang akan melaksanakan ibadah Natal sekaligus merayakan Tahun Baru 2019,” ujar Tri Adhianto. Ia  mengajak seluruh instansi agar menyiapkan segala hal yang berkaitan dengan tugas pengamanan perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 sehingga tercipta situasi kamtibmas di  Kota Bekasi tetap kondusif.

”Mengingat sekarang musim penghujan,  kami berharap instansi terkait agar siap mengantisipasi kemungkinan yang terjadi dengan cepat jika terjadinya bencana, tidak lagi menungu tetapi langsung sigap menyelesaikan,” ucap Tri.

Menjadi perhatian dalam Rakor diantaranya pengamanan antisipasi komfoi malam pergantian Tahun Baru, balapan liar, dan peredaran narkoba. Selain itu titik yang menjadi fokus pengamanan diantaranya tempat-tempat peribadatan, pasar, mal, serta tempat wisata.

”Kita harus tetap waspada. Lebih baik mencegah terjadinya kejahatan dengan melakukan deteksi dini serta antisipasi-antisipasi tentunya kerjasama dengan TNI-Polri  sangat diperlukan dalam  mengamankan natal dan tahun baru agar masyarakat aman dan nyaman,” turut Tri.

Dalam arahannya kepada  camat dan lurah, Tri  memerintahkan aparatur di  Kecamatan dan Kelurahan agar memantau keamanan wilayah serta mendukung terselenggaranya keamanan pelaksanaan ibadah Natal  serta mengingatkan kepada  masyarakat di wilayahnya untuk melaporkan jika rumahnya ditinggalkan dalam waktu yang lama agar tidak terjadi hal -hal yang tidak diinginkan.

Selain kamtibnas, ia   juga memerintahkan jajaran Dinas Perhubungan untuk terus memantau arus lalu lintas, mengingat Kota Bekasi merupakan perlintasan bagi para pengendara.

Sementara itu, Kapolrestro Bekasi Kota, Kombes  Indarto, memaparkan upaya yang akan dilakukan pihaknya  untuk pengamanan yang akan dilakukan jelang hingga pasca hari Natal dan Tahun Baru 2019. Pihaknya mengerahkan personel Polri dalam pengamanan dibeberapa tempat, diantaranya di gereja, pusat perbelanjaan,  tempat rekreasi dan  terminal.

Kami akan tempatkan anggota Polri  menjelang Natal hingga Tahun Baru di lokasi-lokasi yang sudah ditentukan. Detektsi dini hingga menggelarkan petugas merupakan langkah yang sangat dibutuhkan dalam upaya pengamanan di wilayah, ucal Hindarto

Kepada masyarakat juga diimbau agar menjaga kodusifitas di masing-masing tempat tinggal, dan melaporkan kepada pihak berwajib jika masyarakat mengetahui hal-hal mencurigakan terkait gangguan keamanan. (jonder sihotang)