Anggota Komisi V DPR-RI di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin

Harga Tiket Terjangkau, Penumpang Kapal Dari Pelabuhan Banjarmasin Meningkat

Loading

BANJARMASIN (Independensi.con) Jumlah penumpang angkutan laut saat periode Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru) meningkat di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mengungkapkan 3 (tiga) faktor penyebabnya.

Faktor pertama adalah harga tiket kapal yang relatif terjangkau dibandingan moda transportasi lainnya, kedua semakin terjaminnya kepastian jadwal keberangkatan dan kedatangan kapal dan faktor ketiga yaitu kemudahan akses calon penumpang untuk mendapatkan tiket.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Capt. Mugen S. Sartoto di Posko Terpadu Angkutan Nataru Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Senin (30/12) menjelaskan bahwa di pelabuhan ini telah disiapkan 5 kapal dari 3 operator kapal untuk melayani penumpang dari Banjarmasin tujuan Surabaya.

Berdasarkan data di posko terpadu, jumlah kedatangan dan keberangkatan kapal hari Minggu (29/12) atau H-3 Tahun Baru masing-masing berjumlah 2 kapal dengan penumpang turun berjumlah 499 orang dan penumpang naik berjumlah 396.

Dari awal posko Nataru (18/12) sampai dengan hari ini (29/12), jumlah akumulatif penumpang turun pada tahun 2019 meningkat sebesar 141% atau 4.002 orang dibandingkan tahun 2018 yang berjumlah 1.658 orang.

Sedangkan jumlah penumpang naik tahun ini meningkat 91% atau 3.840 penumpang dibandingkan dengan tahun 2018 yang berjumlah 2.006 orang.

Puncak penumpang turun pada angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin terjadi pada tanggal 27 Desember atau H-5 Tahun Baru dengan jumlah penumpang sebanyak 554 orang.

Sedangkan untuk puncak penumpang naik terjadi pada tanggal 22/12/2019 atau H-3 Natal dengan jumlah penumpang sebesar 478 orang.

Sedangkan untuk prediksi esok hari (31/12) dan lusa (1/1), Capt. Mugen memprediksi tidak akan terjadi lonjakan yang begitu signifikan.

“Kalaupun ada kenaikan kami masih memprediksi tidak akan terlalu signifikan karena puncak angkutan natarunya sudah lewat, tetapi meski demikian, kami tetap mengantisipasinya dengan menyiapkan kapasitas dan ketersediaan kapal,” ucapnya.

Pada saat yang bersamaan, anggota Komisi V DPR RI juga berkesempatan melakukan kunjungan ke kantor KSOP Kelas I Banjarmasin dan Pelabuhan Trisakti untuk melihat langsung kesiapan serta antusiasme masyarakat dalam menyambut liburan Natal dan Tahun Baru kali ini. (hpr)