Ki Puguh Prasetyo saat mengelar pertunjukan wayang kulit di Horison Hotel GKB Gresik Jawa Timur

Gunakan Figur Kartun Pepadi Gresik Kenalkan Wayang Kulit Pada Anak Usia Dini

GRESIK (Independensi.com) – Untuk melestarikan dan memperkenalkan seni budaya wayang kulit pada anak-anak, Persatuan Dalang Indonesia (Pepadi) Gresik Jawa Timur. Mengelar pertunjukan wayang kulit, dengan figur tokoh yang ada di film kartun, seperti, Dora, Doraemon dan spongebob.
Pertunjukan yang berlangsung di Hall Hotel Horison GKB Gresik itu, memang sengaja dikemas untuk anak-anak. Agar sejak usia dini mereka sudah tau dan mengerti seni wayang kulit yang wajib dilestarikan.
Ki Puguh Prasetyo Ketua Pepadi Gresik menyatakan pagelaran wayang kulit Jawa Timuran dengan lakon Pendowo, sengaja dikemas dengan menampilkan tokoh film kartun. Karena, penontonnya adalah anak-anak dengan misi memperkenalkan mereka pada budaya asli Indonesia ini.
“Pada pertunjukan wayang kali ini, durasinya kita dipadatkan menjadi 1,5 jam saja. Karena sasaran audiensnya adalah anak-anak, maka harus disesuaikan supaya mereka tidak jenuh,” ujarnya, Senin (20/1).
“Ditampilkannya tokoh film kartun dalam pagelaran wayang ini, untuk menarik minat mereka. Sebab, figur tokoh di film kartun sangat populer bagi anak-anak,” ujarnya.
Namun figur kartun itu lanjut Ki Punguh, fungsinya hanya sebagai variasi agar anak-anak tidak jenuh selama pertunjukan. “Anggap saja itu sebagai bintang tamu, karena tokoh dalam pewayangan yang sebenarnya tetap kita perkenalkan,” tuturnya.
“Lewat pertunjukan seperti ini, kami berharap anak-anak suka dan tidak alergi dengan seni budaya wayang kulit. Sebab, tanggung jawab untuk melastarikannya ada pada mereka kelak. Untuk itu, pengenalan wayang akan terus kami lakukan dari generasi ke generasi,” tutupnya.
“Kami berharap generasi milenial bisa menggemari wayang sebagai salah satu warisan luhur nenek moyang,” ucap, Arik S. Wartono ketua penyelenggara kegiatan. (Mor)