servis bulu tangkis
Ilustrasi. (Dok/Ist)

PBSI: Waspada Virus Corona

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) berupaya menjaga kesehatan para atlet agar tidak terjangkit virus Corona. Hal ini terkait penampilan para pebulutangkis andalan Indonesia di Kejuaraan Beregu Asia di Manila, Filipina.

Kabarnya, Filipina merupakan satu dari enam negara di Asia Tenggara yang telah terjangkit virus Corona. Hingga tanggal 5 Januari, tiga warga Filipina dilaporkan terjangkit dan satu diantaranya dilaporkan meninggal.

“Kita sudah coba antisipasi, dan tadi saya baru dapat penjelasan dari dokter penularan virus ini kalau terjadi kontak langsung maupun tidak langsung. Virus itu bisa masuk lewat tiga entry, hidung, mata, dan mulut. Ada sentuhan langsung secara fisik, dan itu yang kita coba antisipasi,” kata Sekretaris Jenderal PBSI Achmad Budiharto seperti dikutip dari Antara, Kamis (6/2/2020).

Budiharto mengaku pihaknya berupaya menjaga kesehatan para atlet tetap dalam kondisi prima. “Kami juga mengimbau agar mereka nanti membatasi interaksi atau sentuhan fisik dengan barang-barang yang dicurigai jadi media penularan virus, antara lain mereka harus sering cuci tangan di air yang mengalir,” tambahnya.

Namun demikian, bagi Sekjen PBSI, jaminan keselamatan dan kesehatan para atlet bukan hanya jadi urusan pihaknya. Pihak tuan rumah sebagai penyelenggara harus memberi kepastian bahwa para atlet tidak akan terjangkit virus selama Kejuaraan Beregu Asia berlangsung di Manila, Filipina, pada 11-16 Februari. “Itu pekerjaan rumah tuan rumah sebagai penyelenggara dan panitia kejuaraan untuk concern utamanya menjaga kesehatan dan keselamatan para atlet,” ujar Budiarto.

Indonesia akan mengirim sejumlah atlet andalannya untuk mengikuti Kejuaraan Beregu Asia yang menjadi ajang kualifikasi Piala Thomas Uber 2020 di Aarhus, Denmark, pada 16-24 Mei. Dari hasil undian, tim putri Indonesia masuk dalam Grup Y bersama Filipina dan Thailand, sementara regu putra masuk dalam Grup A bersama India dan Filipina.

Tunggal putri Indonesia nantinya akan diperkuat Gregoria Mariska Tunjung, Ruselli Hartawan, Putri Kusuma Wardani, dan Choirunnisa. Untuk nomor ganda putri Indonesia diperkuat oleh Greysia Polii/Apriyani Rahayu, Siti Fadia Ramadhani/Ribka Sugiarto, dan Ni Ketut Mahadewi Istarani/Tania Oktaviani Kusuma.

Pada nomor tunggal putra, regu Indonesia diperkuat oleh Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Shesar Hiren Rhustavito, dan Firman Abdul Kholik. Sedangkan di nomor ganda putra Indonesia diperkuat oleh Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.