Peserta Jambore Petani Muda Petrokimia Gresik

Jambore Petani Muda, Menginspirasi Mahasiswa Kembangkan Sektor Pertanian

Loading

GRESIK (Independensi.com) – Sejumlah mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi memberikan apresiasi tinggi, terhadap kegiatan Jambore Petani Muda yang digelar perusahaan solusi agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia, PT Petrokimia Gresik.

Hal itu seperti yang diungkapkan Rizky Salma, mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) mengapresiasi positif, program Jambore Petani Muda 3 tahun 2020.

Menurut salah satu finalis lomba “Agrosociopreneur Competition” ini, Jambore Petani Mida selain memberikan wadah inovasi teknologi pertanian, juga memberikan stimulus kepada anak muda untuk ikut andil memikirkan solusi pertanian di tanah air.

Di tambahkan Salma, dirinya mengaku miris dengan masalah regenerasi petani di Indonesia. Sebab anak muda saat ini, banyak yang ‘ogah’ terjun ke sektor agraris alias menjadi petani.

“Berdasar itulah, akhirnya saya memutuskan terjun langsung ke sektor ini dengan masuk ke Fakultas Pertanian. Kalau tidak dimulai dari kita, lalu siapa lagi yang akan memajukan pertanian di negara kita?,” ujarnya, Selasa (11/2)

Ajang Jambore Petani Muda 3, terdapat tiga program utama yang ditujukan bagi mahasiswa di Fakultas Pertanian se-Indonesia, antara lain Sahabat Petani Fest, CEO Talk dan Agrosociopreneur Competition.

Dalam program tersebut, ada 12 perguruan tinggi negeri (PTN) yang menjadi tuan rumah. Seperti, Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Sumatera Utara (USU), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), UB, Unpad, Universitas Lampung (Unila), UNS, Universitas Negeri Jember, Universitas Udayana, Universitas Hasanuddin (Unhas), serta Universitas Lambung Mangkurat. (Mor)