Ketua DPD GMNI Sumatera Utara, Paulus Gulo dan Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan

Dua Ormas Pemuda Sumut Dukung Pendirian Untara di Taput

JAKARTA (Independensi.com) – Setelah mendapat dukungan penuh dari tokoh adat, pendidikan dan sejumlah tokoh nasional – kini dua organisasi massa (ormas) pemuda yakni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut), mendukung upaya pendirian Universitas Negeri Tapanuli Raya (UNTARA) di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput).

Dengan berdirinya sebuah perguruan tinggi negeri (PTN) di daerah Taput, memiliki banyak keuntungan. Pasalnya, PTN tersebut tidak hanya menerima calon mahasiswa dari kalangan pemuda kristen tetapi juga semua kalangan termasuk pemuda beragama islam dan yang lainnya.

“Keuntungan lainnya adalah calon mahasiswa yang berasal dari daerah Taput dan sekitarnya tidak perlu jauh-jauh kuliah ke Kota Medan dan jakarta. Bisa kuliah dikampungnya sendiri, kan ini lebih bagus. Sehingga pendidikan di Sumut jadi lebih merata,” ujar Ketua Badan Koordinasi HMI Sumut, Alwi Hasbi Silalahi, belum lama ini.

Menanggapi berdirinya PTN bernama Universitas Negeri Tapanuli Raya (UNTARA) adalah sebagai wacana berdirinya provinsi baru di kawasan Tapanuli, Hasbi secara tegas menilai, hal itu tidak perlu dikhawatirkan. “Pendirian provinsi di Indonesia kan sah saja. Kalau itu untuk kebaikan, lalu masalahnya dimana ?,” tanya Hasbi Silalahi.

Menurutnya, pendirian provinsi baru bukan menjadi suatu masalah yang harus dibesar-besarkan. Untuk itu, masyarakat Tapanuli agar ikut mendukung pendirian PTN itu. Ia meyakini pendirian universitas negeri juga dapat mendorong peningkatan ekonomi masyarakat Taput.

“Masyarakat Taput dan sekitarnya harus mendukung pendirian Untara ini. Kalau jadi berdiri, masyarakat juga diuntungkan secara ekonomi. Mahasiswa yang kuliah di situ kan jadi bukan hanya asal Taput atau Sumut saja, bisa dari seluruh Indonesia. Masyarakat bisa membuka berbagai jenis usaha disana dengan ramainya mahasiswa,” tambahnya.

Hal yang sama disampaikan Ketua DPD GMNI Sumatera Utara, Paulus Gulo, mendukung penuh wacana pendirian universitas negeri yang sudah lama dirintis oleh Bupati Taput Nikson Nababan. “Ketika Universitas Negeri Tapanuli Raya muncul, kelak akan melahirkan pemimpin berkualitas di kawasan Tapanuli,” jelasnya.

Dia berharap pemerintah dari pusat segera merealisasikan upaya pendirian PTN tersebut. “Saya berharap pemerintah pusat segera merealisasikannya. Karena, satu sisi dengan berdirinya universitas negeri tersebut, searah dengan visi-misi pemerintahan, tambah Paulus Gulo. (Robino Hutapea)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *