Indonesian Box Office Movie Award 2020 Kembali Digelar Ke-5 Kalinya

JAKARTA (Independensi.com) – Sebanyak 10 film terlaris sepanjang 2019 bakal berkompetisi dalam ajang Indonesian Box Office Movie Awards (IBOMA) 2020.

Kesepuluh film yang ikut ajang IBOMA 2020 adalah, Dilan 1991, Imperfect: Karir, Cinta & Timbangan, Dua Garis Biru, Danur 3: Sunyaruri, Habibie & Ainun 3, My Stupid Boss 2, Perempuan Tanah Jahanam, Kuntilanak 2, Keluarga Cemara dan Gundala: Negeri Ini Butuh Patriot.

“Yang menarik adalah kurasi dari IBOMA yang memilih 10 film box office, sudah tidak dapat diragukan lagi. Doakan saja nanti prosesnya lancar selama penjurian, saya mewakili tujuh juri lainnya,” kata sutradara Ifa Isfansyah sebagai Ketua Dewan Juri IBOMA saat jumpa pers IBOMA 2020 di Jakarta Pusat, Kamis (5/3/2020).

Selain Ifa Isfansyah, Sheila Timothy (Produser), Vino G Bastian (aktor), Maudy Koesnaedi (aktris), Andhy Pulung (Editor), Benni Setiawan (Sutradara), dan Darius Sinathrya (aktor dan produser) juga duduk di kursi juri.

“Saya tadi pagi mendadak dipilih sebagai ketua dewan juri, per hari ini kami sudah melakukan penjurian, kami profesional. Kami melihat dari perspektif masing-masing dan kami diskusikan,” ucap Ifa.

Sementara Vino G Bastian mengungkapkan keseruannya mengemban tugas tersebut. Menurut dia, banyak ilmu baru yang didapatkannya mengenai industri film Tanah Air.

“So far tadi seru banget, banyak banget yang sudah nyiapin dari rumah, terutama saya. Saya mikir kayak gini, ternyata dapat pencerahan dari teman-teman semua, ‘oh, saya berbelok nih. Jadi seru banget sih,” tutur Vino.

Nantinya ada 15 kategori, yakni Film Box Office Tahun Ini, Film Box Office Terbaik, Pemeran Utama Proa Terbaik, Pemeran Utama Wanita Terbaik, Pemeran Pendukung Pria Terbaik, Pemeran Pendukung Wanita Terbaik.

Road To Indonesian Box Office Movie Awards (IBOMA) 2020.

Selain itu kategori Sutradara Terbaik, Penulis Skenario Terbaik, Pendatang Baru Terbaik, Poster Terbaik, Trailer Terbaik, Produser Film Of The Year, OST Film Terbaik, Ensemble Talent Terbaik, dan TOP 10 Film Box Office Tahun Ini.

Sebagai Ketua Umum Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI), Deddy Mizwar menilai IBOMA yang ke-5 tersebut telah melakukan perbaikan demi perbaikan. Selain melibatkan penilaian masyarakat, IBOMA ke-5 juga telah menggandeng asosiasi –asosiasi film yang konsen dengan kemajuan perfilman Indonesia. Yang bertujuan untuk menciptakan tolak ukur sebagaimana tetap objektif dan bermutu.

“IBOMA ke-5 telah melibatkan masyarakat. Saya berharap bukan hanya IBOMA saja, tetapi juga festival lain akan hadir. Goal (tujuan) terakhir yang kami harapkan adalah bagaimana kita dapat tolak ukur film yang bagus dan bermutu,”kata Deddy Mizwar.

Di samping itu, IBOMA tahun ini menambah dua kategori baru, yaitu Aktor Terpopuler dan Aktris Terpopuler.

Namun, untuk dua kategori itu, IBOMA mengikutsertakan pemirsa untuk memilih lewat voting media sosial, seperti Vidio, Instagram, Facebook, serta Twitter.

SCTV menggelar perhelatan akbar bagi insan perfiman Tanah Air, Indonesian Box Office Movie Awards (IBOMA) yang ke-5 kalinya. Malam penganugerahan IBOMA 2020 akan digelar pada Jumat, 20 Maret 2020 pukul 21.00 WIB, LIVE dari studio 5 Emtek, City, Jakarta.