Bamdara Internasional Soekarno Hatta merah penghargaan Most Improved in Asia Pasific

PT Angkasa Pura II Sabet 30 Penghargaan ACI

Loading

JAKARTA (Independensi.com) Airport Council Internasional (ACI) menganugerahi total 30 penghargaan Airport Service Quality (ASQ) Awards kepada sembilan bandara di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura II (Persero).

Penghargaan tersebut merupakan apresiasi kepada bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II yang mampu memberikan customer experience terbaik berdasarkan pendapat dari penumpang pesawat di masing-masing bandara itu sendiri.

Pendapat dari penumpang tersebut diperoleh melalui proses survei ASQ di 380 bandara yang ada di 90 negara dan melibatkan 8,8 juta penumpang.

Bandara yang berhasil penghargaan adalah Depati Amir, Raja Haji Fisabilillah, Silangit, Husein Sastranegara, Sultan Mahmud Badaruddin II, Sultan Syarif Kasim II, Supadio, Halim Perdanakusuma dan Soekarno-Hatta.

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan penghargaan ACI ini merupakan bentuk pengakuan dan kepercayaan global terhadap kemampuan bandara-bandara nasional dalam menghadirkan standar pelayanan tinggi kepada para penumpang pesawat.

Level pelayanan di bandara-bandara PT Angkasa Pura II selalu meningkat setiap tahun sehingga mampu mempertahankan berbagai penghargaan dari ACI.

Tahun lalu PT Angkasa Pura OI meraih 22 penghargaan untuk 6 bandara. Pada tahun ini bertambah menjadi 30 penghargaan untuk 9 bandara, termasuk satu-satunya penghargaan Most Improved in Asia Pasific yang berhasil diraih oleh Soekarno-Hatta.

Keberhasilan Soekarno-Hatta tidak lepas dari berbagai pengembangan yang dilakukan. Pelayanan di Terminal 3 semakin baik dalam melayani penerbangan rute domestik dan internasional.

Sejak 2019 juga sudah dioperasikan terminal khusus LCC yaitu Terminal 2F. Tidak lupa di Soekarno-Hatta juga terdapat kereta bandara sebagai transportasi publik, serta Skytrain yang menjadi moda utama perpindahan antar terminal.

Selain itu, Soekarno-Hatta dipilih sebagai pilot project berbagai pengembangan teknologi informasi guna mendukung operasional dan pelayanan seperti misalnya Airport Operation Control Center, Terminal Operation Center, iPerform Apps, Self Boarding Gate, Autogate dan E-ticket di shelter bus, self check-in kiosk dan self baggage drop, iMATE Lounge, Airsport Arena, Digital Droid, hingga juga menjadi tempat beroperasinya pertama kali taksi listrik Blue Bird dan GrabCar Elektrik.

“Pengembangan infrastruktur dan digital meningkatkan efektifitas operasional dan pelayanan sehingga Soekarno-Hatta pantas menyandang gelar sebagai Most Imrpoved in Asia Pasific,” ujar Muhammad Awaluddin.

Director General ACI World Angela Gittens mengatakan program ASQ Award merupakan penghargaan tertinggi bagi pengelola bandara di seluruh dunia.

“Airport Service Quality Awards merepresentasikan pengakuan tertinggi bagi pengelola bandara di seluruh dunia dan mengakui keunggulan dalam customer experience,” ujar Angela Gittens. (hpr)