Ilustrasi. (Dok/Ist)

IBLPertamax 2020 Dihentikan Sementara

MALANG (Independensi.com) – Kompetisi basket bertajuk Indonesian Basketball League (IBL) Pertamax 2020 dihentikan sementara hingga waktu yang belum ditentukan. Hal ini terkait mengantisipasi penyebaran virus Corona atau COVID-19 di Tanah Air.

Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah mengatakan, keputusan tersebut diambil setelah penyelenggara melakukan dialog dengan seluruh pemangku kepentingan yang ada pada kompetisi IBL Pertamax 2020. “Seri tujuh, delapan, playoff, dan seterusnya kita hentikan sampai pemberitahuan lebih lanjut. Statusnya seperti itu,” kata Junas seperti dikutip dari Antara, Jumat (13/3/2020).

Junas menambahkan, keputusan tersebut juga dilatarbelakangi dari situasi dalam negeri maupun luar negeri, terkait penyebaran COVID-19. Penghentian sementara kompetisi IBL Pertamax 2020 tersebut, dinyatakan sebagai langkah paling baik yang bisa diambil saat ini.

Menurut Junas, keselamatan para pemain, ofisial, termasuk penonton merupakan yang utama dan menjadi dasar utama pengambilan keputusan tersebut. Terkait keberlanjutan kompetisi musim 2020, IBL akan kembali melakukan dialog pada pekan depan.

“Tujuannya hanya satu, pasti keselamatan pemain, ofisial, dan penonton. Pekan depan ada pertemuan dengan klub, untuk membahas kemungkinan kelanjutan musim 2020,” ujar Junas.

Seri ketujuh IBL 2020 tersebut, sebenarnya akan dilangsungkan di Gedung Bola Basket Gelora Bung Karno Jakarta, pada 13-15 Maret 2020. Namun, saat itu penyelenggara memutuskan memindahkan seri ketujuh di Kota Malang, dalam upaya mengantisipasi penyebaran COVID-19.

Namun, pada akhirnya seri ketujuh di GOR Bima Sakti Kota Malang pun juga dibatalkan, termasuk seri lanjutan pada musim 2020. Penghentian sementara itu dilakukan hingga waktu yang belum ditentukan oleh pihak penyelenggara.