General Cleaning Mandiri diberlakukan Petrokimia Gresik Jawa Timur dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19

PG Instruksikan Seluruh Unit Kerja Lakukan General Cleaning Mandiri Untuk Cegah Covid-19

Loading

GRESIK (Independensi.com) – Petrokimia Gresik perusahaan Solusi Agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia, menginstruksikan seluruh unit kerjanya untuk melakukan general cleaning secara mandiri dalam upaya pencegahan virus corona (Covid-19). Dengan cara, menggunakan cairan desinfektan pada permukaan yang sering disentuh. Seperti, meja kerja, gagang pintu, tombol lift dan lainnya.
Untuk sementara waktu, presensi seluruh karyawan dan kontraktor yang biasanya menggunakan finger print. Untuk sementara dilakukan secara manual, menggunakan form online. Ini merupakan tindakan pencegahan di lingkungan kerja, karena finger print saat difungsikan akan menjadi alat paling sering disentuh dan berpotensi menularkan virus,” kata Sekretaris Perusahaan Petrokimia Gresik, Yusuf Wibisono.
Selain itu, karyawan juga diimbau untuk mengurangi berjabat tangan dan menggantinya dengan alternatif salam Namaste. Kebijakan itu semua telah ditetapkan melalui surat edaran (SE), sebagai wujud dukungan Petrokimia Gresik terhadap kampanye social distancing yang digaungkan pemerintah untuk mencegah penularan COVID-19,” ujarnya, Sabtu (21/3).
Sebagai upaya deteksi dini pecegahan Covid-19 lanjut Yusuf, Petrokimia Gresik bekerja sama dengan Rumah Sakit Petrokimia Gresik (RSPG). Dalam melakukan pengecekan suhu tubuh bagi karyawan maupun tamu atau orang yang hendak masuk di kantor utama Petrokimia Gresik, lobby, atau yang akan masuk ke gedung Graha.
“Pencegahan penyebaran COVID-19 juga dilakukan di Pelabuhan Petrokimia Gresik, Unit Pengelola Pelabuhan rutin melakukan pengecekan awak kapal asing yang sandar di Pelabuhan Petrokimia Gresik,” tuturnya.
Selain itu, ship crew yang berasal dari China atau yang memiliki riwayat pelabuhan singgah di negara-negara terdampak COVID-19, tidak diizinkan keluar dari kapal. Kecuali untuk kepentingan draught survey, namun wajib menggunakan masker,” tegasnya.
“Secara periodik, kami melakukan pengecekan suhu tubuh personel, meliputi tenaga kerja bongkar muat, pengawas bongkar muat, ship agent dan personel lainnya yang berinteraksi dengan kapal,” paparnya.
“Tidak hanya di lingkungan kerja, upaya pencegahan juga dilakukan Petrokimia Gresik di luar area perusahaan melalui Program CSR pelatihan Kader Kampung Sehat bagi masyarakat di sekitar perusahaan,” ungkapnya.
“Berbagai upaya untuk mencegah penyebaran COVID-19, telah kami terapkan dan jalankan. Semoga pandemi nasional ini, dapat segera berakhir dan kegiatan masyarakat termasuk operasional perusahaan bisa berjalan normal seperti sediakala,” pungkasnya. (Mor)