Menaker Ida Fauziyah saat melepas kepulangan calon tenagankerja ke kampung halaman di Penampungan PT Sentosa Karya Aditam di Kota Bekasi. (humas)

Dampak COVID-19: Sebanyak 125 Calon Pekerja Migran Dipulangkan ke Kampung Halaman

Loading

BEKASI (IndependensI.com)- Dampak pendemi covid-19, sebanyak 125 orang  Calon Pekerja Migran (CPMI) dipulangkan ke kampung halamannya.  Ke 125 CPMI dipulangkan kedaerah masing-masing seperti ke NTB, Sumatera, Provinsi Jawa Barat, dan Provinsi Jawa Tengah.

Pemulangan para CPMI tersebut dihadiri  Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia, Ida Fauziyah di Penampungan PT Sentosa Karya Aditama yang berada di Kota Bekasi, kemarin.

Dalam pelepasan pemulangan 125 CPMI tersebut turut hadir, Dirjen Penta dan PKK, Direktur PPTKLN, Kadisnaker Kota Bekasi Ika Indah.

Proses pemulangan dilakukan dengan menggunakan jalur darat dan jalur udara. ini merupakan respon cepat Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) terhadap permintaan CPMI melalui video agar dipulangkan ke kampung halamannya.

Ini juga sebagai komitmen dan atensi Pemerintah untuk melindungi pekerja migran indonesia karena dampak COvid 19 saat ini, ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi, Ika Indah Yarti dalam laporan t yang disampaikan ke pada Wali Kota Bekasi.

Didalam proses pemulangan dari Kemenaker RI dan Disnaker Kota Bekasi, dipastikan bahwa 125 CPMI pulang dengan mengikuti protokol kesehatan serta menggunakan kendaraan transportasi dan sudah menghubungi kepala dinas kesehatan, terangnya.  Penghentian sementara ini dilakukan untuk melindungi seluruh CPMI di dalam dan luar negeri serta sebagai upaya memutus rantai penyebaran COVID-19. (jonder sihotang)