Kantor pusat PT Aneka Tambang

Antam Bantah Pernyataan Dinkes DKI Jakarta Soal Karyawannya Terkonfirmasi Covid 19

Loading

JAKARTA (Independensi.com) PT Aneka Tambang (Persero) menyatakan tidak ada kasus terkonfirmasi positif atas pekerja dan tenaga alih daya ANTAM di Kantor Pusat Jakarta.

Penegasan tersebut disampaikan SVP Corporate Secretary PT ANTAM Kunto Hendrapawoko dalam surat tertulisnya kepada redaksi Independensi.com menanggapi pemberitaan independensi.com pada 27 Juli 2020 yang menyebutkan Perkantoran jadi kluster baru penyebaran virus corona-di jakarta.

Mengutip keterangan Kepala bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dwi Oktavia Independensi.com menyebutkan, terdapat 59 kantor yang menjadi tempat penularan covid 19 di Ibu Kota.

Sementara itu, total pegawai yang sudah terkonfirmasi positif Corona adalah 375 pegawai. Salah satunya masih menurut Dwi Oktavia di kantor PT Antam yang sebanyak 68 kasus terkonfirmasi.

Untuk itu, Pemprov DKI meminta warga Jakarta supaya lebih hati-hati dan taat pada protokol kesehatan. “Agar menjadi kewaspadaan kita bersama agar taat protokol kesehatan di kantor dan di luar kantor,” kata Dwi

Kunto mengatakan, Informasi yang beredar di masyarakat yang menyebutkan adanya 68 kasus di ANTAM, adalah tidak benar dan tidak sesuai dengan data ANTAM.

Per tanggal 26 Juli 2020, tidak ada kasus terkonfirmasi positif pekerja dan tenaga alih daya ANTAM di Kantor Pusat Jakarta.

Sebagai tambahan informasi, sejak pandemi Covid-19 meluas di Indonesia, ANTAM berkomitmen untuk membantu pemerintah dalam memutus mata rantai Covid-19.

Selain melakukan rapid dan swab test kepada seluruh pegawai ANTAM yang ada di wilayah operasi, melalui program CSR, ANTAM juga melakukan pemeriksaan Covid-19 kepada masyarakat di sekitar wilayah operasi.

ANTAM senantiasa berkomitmen memastikan kegiatan operasional seluruh unit bisnis tetap berjalan untuk mempertahankan kegiatan operasional sebagai upaya mengurangi dampak ekonomi di sekitar wilayah Perusahaan.

ANTAM menjalankan protokol kesehatan secara ketat di area kerja tambang dan pabrik mulai dari penyediaan wastafel di luar gedung, hand sanitizer, kewajiban penggunaan masker, penerapan physical distancing, pemberian vitamin dan makanan suplemen tambahan kepada seluruh pegawai hingga cek suhu sebelum bekerja hingga melaksanakan rapid test maupun swab test untuk memastikan seluruh pekerja yang melakukan aktivitas pekerjaan bebas Covid-19.

ANTAM juga bersinergi dengan pemangku kepentingan dalam melakukan penanganan pandemi, mulai dari sosialisasi kepada masyarakat, pemberian bantuan portable handwash, APD untuk tenaga medis dan bantuan bahan makanan pokok, penyediaan Rumah Sakit Ready Covid-19 di Jakarta, pemberian PCR & reagent di wilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Raja Ampat. (hpr)