Ilustrasi. (Dok/Ist)

Perbasi Siapkan Timnas Muda

JAKARTA (Independensi.com) – Menyusul gelaran FIBA Asia Cup 2021 dan FIBA World Cup 2023, PP Perbasi akan membentuk tim nasional muda basket Indonesia sebagai pelapis timnas senior. Indonesia bersama Jepang dan Filipina menjadi tuan rumah FIBA World Cup 2023. Begitupun pada FIBA Asia 2021 sebagai kualifikasi zona Asia, Indonesia kemungkinan besar menjadi tuan rumah bersama dengan negara lain.

“Timnas elite muda itu maksudnya untuk tim pelapis yang senior. Jadi akan dipersiapkan timnas muda,” ujar Manajer Timnas Basket Indonesia, Maulana Fareza Tamrella seperti dikutip dari Antara. Menurut Fareza, PP Perbasi rencananya akan mulai merekrut beberapa pebasket muda, baik dari kalangan pelajar maupun perguruan tinggi, pada Agustus ini.

Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih sebelumnya menyatakan, pembentukan timnas muda itu perlu dilakukan sejak saat ini. Pasalanya, diperlukan waktu yang cukup panjang untuk perencanaan, penyusunan, persiapan, dan pengolahan yang matang guna perolehan prestasi dan kesuksesan timnas muda basket Indonesia.

Timnas muda itu, kata Danny, nantinya bakal disebut sebagai Tim Nasional Elite Muda Bola Basket Indonesia sebagai pendukung Tim Nasional Elite Senior. Keputusan pembentukan timnas muda itu juga telah tertuang dalam surat yang ditanda tangani Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih dan Sekjen Nirmala Dewi.

“Indonesia bersama Jepang dan Filipina akan menjadi tuan rumah FIBA World Cup 2023. Kita juga menjadi co-host event FIBA Asia 2021. Maka, PP Perbasi perlu mengeluarkan acuan untuk pembentukan Timnas Elite Muda,” ucap Danny.