Pemenang Lomba Pidato Pancasila Diumumkan

BOGOR (IndependensI.com) – Lomba Pidato Pancasila yang diselenggarakan Forum Koordinasi Penanggulangan Terorisme (FKPT) Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) tahun 2020 telah menyelesaikan tahap penjurian. Dari 677 karya yang masuk ke tahap penjurian, sebanyak ima karya terbaik telah ditetapkan sebagai pemenang. Pengumuman pemenang secara daring dilakukan bersamaan dengan peringatan 75 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kepala BNPT Boy Rafli Amar menyampaikan apresiasinya bahwa Lomba Pidato Pancasila BNPT tahun 2020 ini diikuti oleh para peserta dari kalangan siswa, santri hingga mahasiswa dari seluruh Indonesia.

“Saya sebagai Kepala BNPT turut berbahagia, karena ternyata diseminasi wawasan kebangsaan atau bisa dikatakan vaksin dari virus radikalisme yang kita inisiasi melalui lomba ini mendapat sambutan yang luar biasa dari generasi muda kita di seluruh indonesia,” kata Boy Rafli di Bogor, Senin (17/8/2020).

Kepala BNPT mengatakan bahwa Pengumuman Lomba Pidato Pancasila BNPT tahun 2020 ini untuk ikut menyemarakkan HUT ke-75 RI. Boy menyampaikan bahwa pendaftaran lomba dilakukan melalui media sosial youtube dengan menggunakan tagar #lombapidatopancasilabnpt2020.

“Penyelenggaraan dan pengumuman Lomba Pidato Pancasila BNPT tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah. Oleh sebab itu pendaftaran dilakukan melalui media sosial YouTube dari 17 Juni-17 Juli 2020. Kemudian penjurian dari 24 Juli-14 Agustus 2020. Hingga pengumuman pemenang adalah hari ini tanggal 17 Agustus 2020,” ujar mantan Kapolda Banten itu.

Kepala BNPT mengucapkan selamat kepada seluruh pemenang dan menyampaikan agar jangan patah semangat bagi yang belum berhasil. Kepala BNPT juga menyampaikan terima kasihnya kepada semua pihak yang telah ikut serta menyukseskan acara Loma Pidato Pancasila BNPT 2020.

“Sekali lagi terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, para dewan juri Irjen Pol Hamli, ME. Lalu sahabat saya Yudi Latif PhD, serta para dewan juri yang lain. Tak lupa teriring permohonan maaf apabila ada kekurangan dalam penyelenggeraan Lomba Pidato Pancasila BNPT 2020 ini. Semoga di masa yang akan datang kita akan lebih tingkatkan kualitasnya lagi,” tuturnya.

Mantan Wakalemdiklat Polri itu menuturkan bahwa kesuksesan Lomba Pidato Pancasila BNPT  2020 ini adalah bentuk nyata sinergi antara BNPT dengan semua pihak termasuk keterlibatan generasi muda dalam lomba ini.

“Terima kasih kepada para Ketua dan seluruh penguru FKPT di seluruh indonesia atas pendampingan dan sosialisasinya sehingga cukup banyak dari berbagai daerah yang ikut serta dalam lomba ini, serta keterlibatan generasi muda dengan antusiasmenya yang sangat luar biasa. Kita berharap dengan lomba ini, kecintaan kita kepada seluruh karya bangsa, seluruh peninggalan pendiri bangsa kita termasuk falsafah kita yaitu Pancasila dapat membuat kita semakin mencintai negara kita, NKRI ini,” tutupnya.

Hadir dalam acara tersebut mendampingi Kepala BNPT adalah Deputi I Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT Hendri Paruhuman Lubis, Deputi II Bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan BNPT Budiono Sandi, Deputi III Bidang Kerjasama Luar Negeri BNPT Andhika Chrisnayudhanto, Sekretaris Utama (Sestama) BNPT Untung Budiharto, dan Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat BNPT Andi Intan Dulung.

Tercatat ada 1.024 pendaftar dengan 677 karya lolos seleksi administrasi. Kemudian dipilih 17 karya terbaik yang lolos ke tahap selanjutnya. Dewan juri menetapkan lima pemenang sebagai berikut:

 

Pemenang Pertama

Nofri Savira Putri

Universitas Muhammadiyah Jember, Jawa Timur

 

Pemenang Kedua

Yocky Fauzy

SMAN 1 Cikatomas, Tasikmalaya, Jawa Barat

 

Pemenang Ketiga

Ni Luh Putu Ayu Yuniantari

SMAN 2 Semarapura, Klungkung, Bali

 

Pemenang Keempat

Fakhirah Salsabila R Lamaka

SMA Labschool Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah

 

Pemenang Kelima

Fidelis Roy Maleng

SMAK St Stefanus Ketang, Manggarai, Nusa Tenggara Timur