Usia 19-60 Tahun Bakal Disuntik Vaksin Covid 19 Duluan

Loading

JAKRATA (IndependensI.com) – Pengembangan vaksi Covid 19 di Indonesia terus dikebut. Pemerintah bahkan sudah menargetkan vaksinasi masal di awal tahun 2021. Tahun depan, 180 juta masyarakat ditargetkan bakal divaksin virus covid-19.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartato menjelaskan, jika vaksin Covid 19 sudah diproduksi, maka pemberian vaksin yang bakal diutamakan pada usia 19 tahun sampai 60 tahun.

“Kita memberikan vaksin itu 180 juta jadi setahun kita memberikan vaksinisasi itu 1 juta per orang dan persiapan tim dokter dan perawat menentukan target vaksin duluan dan perlu dipersiapkan pemerintah. Nantinya yang bakal divaksin itu umur 19 sampai 60 tahun,” ujar Menko Airlangga dalam sebuah webinar, Rabu (19/8/2020).

Dia melanjutkan saat ini pemerintah tengah melakukan penentuan kuata untuk pemberian vaksin covid-19. Hal ini agar bisa mendapatkan akses vaksin yang mana setiap negara sedang mengajukan kuata siapa saja yang mendapatkan vaksin covid-19.

“Kita prioritasnya mendapatkan akses ini keluar dan tidak tertinggal negara lain jadi kia ikut serta dan aktif berkonyribusi penemuan vaksin dan berpatriasi dengan clinical trial,” jelasnya.

Dia pun meminta masyarakat agar tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan. Upaya tersebut, dikatakannya bisa membantu memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Kita harus bersama-sama sadari Covid-19 masih berlangsung, protokol masih penting dilakukan, menggunakan masker, jaga jarak, sering cuci tangan, khusus yang sudah masuk di kantor tentu sterilisasi harus dilakukan sehingga semua bisa memonitor,” katanya.