Penularan Covid 19 di Indonesia Mengkhawatirkan

JAKARTA (Independensl.com) – Penularan virus corona di Indonesia yang semakin masif membuat kondisi pandemi Covid 19 di dalam negeri semakin mengkhawatirkan. Apalagi hingga Kamis (3/9) kemarin, kasus terkonfirmasi positif sudah mencapai 184.268 orang.

“Kondisi ini cukup mengkhawatirkan,” kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito, dalam Talk Show Asupan Gizi Masyarakat di Tengah Pandemi yang disiarkan melalui YouTube BNPB Indonesia, Jumat (4/9/2020).

Wiku menyebut, dalam sepekan terakhir, kasus positif Covid-19 mengalami kenaikan sebesar 32,9 persen. Bahkan kemarin, kasus Covid-19 harian bertambah sebanyak 3.622 orang.

Kontribusi terbesar kasus positif Covid-19 di Indonesia dari empat provinsi. Yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah. “Sebanyak 4 Provinsi ini yang berkontribusi terhadap 56 persen dari kasus kumulatif Covid-19 nasional,” ujarnya.

Menurut Wiku, ada dua hal yang menyebabkan kasus Covid-19 meningkat tajam belakangan ini. Pertama karena liburan panjang hari kemerdekaan dan tahun baru Islam.

Kedua, masyarakat tidak menerapkan protokol kesehatan secara ketat saat berlibur. “Mereka rupanya pergi ke tempat wisata dan tidak menerapkan protokol kesehatan,” ucapnya.