DKI Jakarta Kerahkan 1.173 Tenaga Kesehatan Profesional Lawan Covid 19

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Untuk menekan angka penularan Covid 19, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI menerima ribuan relawan tenaga kesehatan professional untuk berjuang melawan pandemi Covid-19 di Ibu Kota.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan, ribuan relawan tersebut akan diperbantukan di seluruh fasilitas kesehatan milik Pemprov DKI ataupun swasta yang telah mengajukan permohonan.

Dia mengatakan awalnya sebanyak 4.859 relawan yang mengikuti seleksi rekruitmen. Relawan tersebut tidak hanya berasal dari Pulau Jawa, namun adapula dari Aceh hingga Papua.

“Dari proses seleksi 1.173 orang (diterima), kemudian yang telah registrasi dan hadir di tengah-tengah kita 655 orang. Sebagian masih ada di tempat masing-masing,” kata Widyastuti dalam video YouTube Dinkes DKI Jakarta, Selasa (8/9).

Ribuan relawan itu kata dia, terdiri dari dokter paru, penyakit dalam, anastesi, dokter anak, spesialis obgyn, dokter umum, dan perawat. Kemudian ada pula bidan, radiografer, ahli teknologi laboratorium medik, survaillance, hingga penyuluh kesehatan.

“Rencana penempatan di RSUD DKI, UPT Labkesda, Puskesmas, di Dinas Kesehatan. Sebagian di RS swasta dan BUMN yang mengajukan ke DKI,” ucapnya.

Sementara itu, Pemprov DKI Jakarta telah menunjuk sebanyak 13 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dikhususkan untuk melayani pasien Covid-19 saja. RSUD tersebut tersebar di lima kota administrasi di Jakarta.

Hal tersebut berdasarkan Surat Keputusan Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Nomor 399 Tahun 2020 tentang Penetapan RSUD yang Sepenuhnya Menyelenggarakan Pelayanan Penanggulangan Penyakit Covid-19.

SK tersebut ditandatangani oleh Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti pada 4 September 2020.

“RSUD yang sebagaimana tercantum dalam diktum satu bertugas menyelenggarakan pelayanan Covid-19 di seluruh area pelayanan RS,” demikian bunyi SK tersebut yang dikutip Liputan6.com, Senin (7/9).
Selain itu 13 RSUD tersebut harus memindahkan pasien rawat inap dan jalan non Covid-19 ke RS lain yang melayani pasien non Covid-19.

Berikut 13 daftar RSUD khusus pelayanan Covid-19:

1. RSUD Cengkareng, Jakarta Barat
2. RSUD Ciracas, Jakarta Timur
3. RSUD Pasar Minggu, Jakarta Selatan
4. RSUD Tanah Abang, Jakarta Pusat
5. RSUD Cempaka Putih, Jakarta Pusat
6. RSUD Sawah Besar, Jakarta Pusat
7. RSUD Tugu Koja, Jakarta Utara
8. RSUD Pademangan, Jakarta Utara
9. RSUD Kalideres, Jakarta Barat
10. RSUD Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
11. RSUD Kebayoran Lama, Jakarta Selatan
12. RSUD Jati Padang, Jakarta Selatan
13. RSUD Kramat Jati, Jakarta Timur