Anies : Pandemi Covid 19 Masih Lama, Tenaga Medis Harus Jaga Stamina

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Perjuangan tenaga medis melawan Covid 19 masih sangat panjang, oleh sebab itu seluruh lapisan masyarakat harus kompak dan bersatu melawan virus corona, agar pandemi segera berakhir.

Untuk itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta kepada seluruh relawan tenaga medis untuk penanganan pasien positif Covid-19 menjaga stamina fisik, mental, dan intelektual. Tiga unsur ini menurutnya patut dipertahankan sebab, pandemi Covid-19 akan berlangsung lama.

“Perjalanan Covid ini masih panjang karena itu jaga stamina fisik, moril, dan stamina intelektual, karena kita terus menerus belajar tentang Covid ini,” kata Anies dalam siaran langsung yang dikutip melalui channel Youtube Dinkes Jakarta, Selasa (8/9/2020).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menuturkan, stamina fisik wajib dijaga oleh para relawan selama masa penugasan. Jika fisik terjaga, akan berpengaruh dengan kestabilan moril, dan berdampak dengan kualitas imunitas tubuh saat merawat pasien.

Sementara, sambil merawat, kata Anies, tenaga medis kemungkinan juga dihadapkan dengan situasi-situasi baru yang berkaitan dengan virus Corona ini. Untuk itu, imbuhnya, Anies menyebut para relawan sebagai pejuang.

“Pandemi ini terjadi 100 tahunan, ini adalah 100 tahun siklus, dan anda sebagai generasi yang mengambil pilihan yang insya allah akan menjadi catatan perjalanan hidup anda. Bahwa anda semua meneruskan tradisi pejuang, karena bangsa ini didirikan oleh orang-orang yang seperti anda,” tutup Anies.