Commuterline Batasi Penumpang, Dalam Satu Gerbong Hanya Boleh 74 Orang

JAKARTA (IndependensI.com) – Guna menekan penularan Covid 19. PT Kereta PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) tidak hanya melakukan pembatasan jam operasioanal commuter line. PT KCI juga membatasi jumlah penumpang dalam satu gerbong kereta.

Vice President Corpotate Communications KCI Anne Purba mengatakan, saat ini yang dapat masuk dalam satu gerbong hanya 74 orang menyusul pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total yang dilaksanakan DKI Jakarta. “Kapasitas pengguna tetap dibatasi hingga 74 orang per kereta,” katanya, seperti dikutip Okezone, Minggu (20/9/2020).

Anne mengatakan, pihaknya juga melakukan penyesuaian jam operasional kereta rel listrik (KRL) yang mana sejak Sabtu 19 September kemarin KRL akan beroperasi mulai pukul 04.00 hingga pukul 20.00 WIB, dengan kereta-kereta pemberangkatan pertama memasuki wilayah DKI Jakarta sekitar pukul 05.00 WIB. “Kemudian, untuk kereta-kereta terakhir meninggalkan wilayah DKI Jakarta sekitar pukul 19.00 WIB,” tutur Anne.

Namun kata Anne, pola operasional KRL Jabodetabek yang menjangkau tiga provinsi, melayani 80 stasiun, dan melalui 418,5 KM jalur rel, maka akan ada sejumlah kereta yang berjalan di luar jam operasional tersebut.

“Perjalanan ini sangat penting untuk layanan bagi pengguna KRL karena berkaitan dengan pengaturan untuk stabling / parkir di lokasi pemberangkatan esok paginya, maupun kebutuhan perawatan, dan pencucian kereta,” bebernya.

Terkait dengan pengguna KRL, Ane mengimbau khususnya pengguna KRL pada malam hari dari stasiun-stasiun di wilayah DKI Jakarta agar sudah berada di stasiun pada pukul 19.00 WIB agar dapat naik KRL dengan jadwal pemberangkatan terakhir.

“Jadwal KRL terbaru, posisi real time KRL, hingga informasi kondisi kepadatan di stasiun dapat dilihat melalui aplikasi KRL Access versi terbaru,” ungkapnya.

Lebih jauh Anne mengatakan, dengan pola operasi ini, maka sejak Sabtu 19 September 2020 kemarin, KCI menjalankan 933 perjalanan KRL per hari dari sebelumnya 975 perjalanan KRL pada masa PSBB transisi.

Kemudian, perjalanan feeder Jakarta Kota – Kampung Banda PP juga akan dialihkan ke perjalanan Jakarta Kota – Tanjung Priok PP. Jumlah perjalanan KRL untuk setiap lintasnya adalah sebagai berikut:

1. Lintas Bogor/Depok – Jakarta Kota PP, sebanyak 207 perjalanan per hari
2. Lintas Bogor/Depok/Nambo – Angke/Jatinegara pp, 181 perjalanan per hari
3. Lintas Cikarang/Bekasi – Jakarta Kota PP, 167 perjalanan per hari
4. Lintas Rangkasbitung – Tanah Abang PP, 196 perjalanan per hari
5. Lintas Tangerang – Duri PP, 98 perjalanan per hari
6. Lintas Jakarta Kota – Tanjung Priok PP, 84 perjalanan per hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *