WHO Prediksi Sebelum Ditemukannya Vaksin Angka Kematian Covid 19 Bisa Tembus 2 Juta Jiwa

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Kepala program darurat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Mike Ryan mengatakan, angka kematian global akibat Covid 19 dapat berlipat ganda menjadi 2 juta sebelum vaksin berhasil digunakan secara luas.

Bahkan, menurutnya, angka kematian bahkan bisa lebih tinggi tanpa tindakan bersama untuk mengekang pandemi. “Kecuali jika kita melakukan semuanya, (2 juta kematian) … tidak hanya bisa dibayangkan, tapi sayangnya sangat mungkin terjadi,” kata Ryan, dikutip dari Reuters,Sabtu (26/9/2020).

Sejak virus corona ditemukan di China akhir tahun lalu, jumlah kematian akibat virus ganas ini sudah mendekati angka 1 juta.

Ryan melanjutkan, orang muda tidak boleh disalahkan atas peningkatan infeksi baru-baru ini meskipun ada kekhawatiran bahwa mereka mendorong penyebarannya setelah pembatasan dan penguncian dilonggarkan di seluruh dunia.

“Saya sangat berharap kita tidak ikut campur: itu semua karena masa mudanya. Hal terakhir yang dibutuhkan orang muda adalah orang tua yang mengoceh dan mengibas-ngibaskan jari,” kata Ryan.

Sebaliknya, pertemuan di dalam ruangan oleh masyarakat dari segala usia mendorong penyebaran epidemi.