Pemprov DKI Siapkan 6.000 Makam Jenazah Covid 19 di TPU Rorotan

JAKARTA (IndependensI.com) – Terus meningkatkan angka kematian Covid 19 membuat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menambah lahan pemakaman khusus Covid 19.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza mengatakan, Pemprov DKI menyiapkan TPU Rorotan untuk jenazah covid 19, saat ini persiapannya akan rampung dalam waktu dekat. Di lokasi tersebut, diperkirakan akan mampu menampung 6.000 jenazah.

TPU Rorotan dipersiapkan Pemprov DKI sebagai lokasi tambahan bagi pasien Covid-19 yang meninggal dunia. Dua lokasi sebelumnya, TPU Pondok Ranggon dan TPU Tegal Alur dinyatakan telah penuh akibat lonjakan pasien yang meninggal.

“Tempat pemakaman makin menipis dan kami sudah menyiapkan tempat lain sebagai alternatif, di antaranya yang dalam proses penyiapan di Rorotan. Kurang lebih kami siapkan sekarang 2 hektar, dimungkinkan bisa menampung 6.000,” kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (1/10).

Politikus Gerindra itu menuturkan jika kapasitas tersebut dianggap masih kurang, Pemprov DKI akan kembali menambah lokasi pemakaman.

Ia mengatakan penambahan lokasi pemakaman karena setiap hari DKI Jakarta mencatat kasus meninggal akibat infeksi Covid-19.”Memang setiap hari ada penambahan, kita sudah ada perkiraannya. Tapi kita sudah siapkan titiknya,” tuturnya.

Diketahui jumlah pasien positif Covid-19 di Jakarta sejak Maret hingga September terus bertambah. Kendati trennya mulai menurun semenjak diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Kamis, 1 Oktober, dilaporkan kasus meninggal bertambah 6 sehingga akumulasi kematian akibat virus ini sebanyak 1.737 kasus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *