Airlangga Sebut Pilkada Tidak Mempengaruhi Peningkatan Kasus Covid 19

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Menteri Koordinator Perekonomian yang juga menjabat Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN), Airlangga Hartarto mengatakan, Pilkada 2020 tidak berpengaruh terhadap peningkatan kasus Covid 19 di Indonesia.

“Peningkatan kasus tidak terkait Pilkada, karena beberapa daerah termasuk DKI, tidak lakukan Pilkada namun angkanya merangkak meningkat,” katanya saat jumpa pers daring, Jumat (2/10/2020).

Berpatok hal tersebut, dia meyakini, peningkatan jumlah kasus disebabkan ketidakdisplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan.

“Jadi Pilkada tak berkait langsung dengan kenaikan positif rate, namun yang berkait langsung adalah kedisiplinan masyarakat,” jelas Menko Perekonomian ini.

Karenanya, Airlangga meminta masyarakat bisa menegakkan kedisiplinan berprotokol kesehatan dengan bantuan Operasi Yustisi, untuk meningkatkan kepatuhan menjalankan 3M, mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker.

“Pemerintah terus mendorong operasi yustisi agar kedisiplinan masyarakat terus dijaga dan terus dilakukan kampanye menggunakan masker menjaga jarak dan mencuci tangan,” tutupnya.