Riza Herdavid

Riza Herdavid Bertekad Sejahterakan Petani dan Nelayan

Loading

BANGKA SELATAN (Independensi.com) – Calon Bupati Kabupaten Bangka Selatan (Basel) dari PDI Perjuangan, Riza Herdavid melakukan sosialisasi program prioritasnya dalam bidang ketahanan pangan kepada warga Desa Batu Betumpang, Kecamatan Pulau Besar.

Dia berkomitmen meningkatkan kesejahteraan petani dan nelayan yang merupakan garda terdepan untuk menjaga pasokan bahan pangan.

Riza mengatakan, di tengah merebaknya pandemi virus corona, pemerintah tidak bisa lagi mengandalkan impor pangan dari negara lain. Sebab, negara lain saat ini enggan mengekspor hasil pertanian dalam jumlah besar untuk kepentingannya sendiri.

“Pertanian, perikanan dan peternakan akan menjadi fokus prioritas kami guna menjamin hajat hidup orang banyak. Oleh karena itu, semua warga yang bekerja di sektor tersebut harus disejahterakan,” kata Riza, baru-baru ini

Menurut dia, upaya untuk meningkatkan kesejahteraan para pekerja di sektor pangan yakni dengan cara menjaga stabilitas harga komoditas pangan sebaik mungkin. Bantuan berupa pupuk dan bibit murah juga menjadi perhatian serius baginya .

Sedangkan di sisi perikanan, bagi nelayan akan diberikan bantuan berupa solar bersubsidi dan alat tangkap ikan.

“Untuk mempercepat pencairan bantuan ini, nantinya akan dibentuk kelompok-kelompok nelayan,” kata dia.

Lebih lanjut, Riza menjelaskan upayanya meningkatkan produktivitas juga akan dilakukan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Pelatihan-pelatihan bagi para petani dan nelayan akan diberikan dengan menggandeng kerja sama dinas-dinas terkait.

“Kami berharap dengan langkah konkret ini dapat menggenjot produksi nelayan dan petani sehingga tidak lagi membutuhkan impor untuk memenuhi kebutuhan pangan,” ujarnya.

Seperti diketahui, pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020, Riza Herdavid maju sebagai Calon Bupati Kabupaten Basel berpasangan dengan Calon Wakil Bupati Debby Vita Jamro. Dirinya maju sebagai bupati didukung oleh PDI Perjuangan dan empat partai yang tergabung dalam koalisi ‘Berdoa Basel Menang’.