Debby Vita Jamro

Setarakan Pesantren dengan Pendidikan Umum Menjadi Tekad Debby

Loading

BANGKA SELATAN (Independensi.com) – Calon Wakil Bupati Kabupaten Bangka Selatan (Basel) dari PDI Perjuangan dan koalisinya, Debby Vita Jamro berkomitmen untuk menyetarakan pendidikan pesantren dengan pendidikan umum lainnya.

Sehingga, ke depannya pendidikan pesantren akan mendapat perhatian yang sama dengan pendidikan lainnya. Termasuk dalam penyaluran bantuan untuk perbaikan sarana dan prasarana pembangunan pesantren seperti bangunan, kelistrikan, air bersih, akses jaringan komunikasi internet dan lain-lain.

“Bunda pikir bahwa sangat sayang jika pendidikan pesantren yang dikenal sebagai tempat pemasok generasi muda kreatif, berilmu dan berakhlak, sampai kurang mendapatkan prioritas perhatian dan keberpihakan pemerintah,” kata Debby saat mengunjungi Pondok Pesantren Darul Istiqomah Kecamatan Air Gegas, Basel, Kamis (01/10/2020).

Selain itu, Cawabup nomor 4 tersebut juga menginginkan selain memperdalam ilmu agama, para santri juga dibekali dengan berbagai keterampilan khusus yang mampu menggali setiap potensi dan kreativitas para santri.

Sehingga ketika lulus, para santri telah memiliki keahlian yang dapat dimaksimalkan dalam menghadapi persaingan dengan dunia luar. Hal tersebut juga bertujuan agar pendidikan di Basel dapat merata sehingga meningkatkan kualitas SDM, kemampuan adaptasi teknologi dan peningkatan produktivitas.

“Ke depan, Bunda juga menginginkan para santri kita di Bangka Selatan diberi pelatihan keterampilan agar setelah lulus dari pesantren para santri sudah memiliki keahlian yang bisa digunakan,” kata dia.

“Bunda harapkan juga bahwa sumber daya yang dimiliki Kabupaten Bangka Selatan ini berkualitas yang mampu bersaing di era zaman modern seperti saat ini,” lanjutnya.

Sementara itu, Alfian (37), Ketua Yayasan Ponpes Darul Istiqomah mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik baik kedatangan Debby Vita Jamro. Bahkan kehadiran Debby ternyata sudah lama dinantikan.

“Sangat mengembirakan bagi kami, Bu Debby bisa hadir di Pondok Pesantren Modern Darul Istiqomah ini. Memang kami sudah lama menunggu kehadiran beliau ke sini,” ujarnya.

Terkait komitmen Debby untuk terus memajukan pendidikan pesantren itu sendiri, Alfian sangat mengapresiasi. Menurutnya, semua upaya jika memberikan dampak positif terhadap santri, dirinya akan terus mendukung.

“Ya sangat setuju, kalau beliau memiliki program seperti ini, memang kita di pondok ini kalau ada program-program bagus bisa menambah pengalaman dan kemampuan anak-anak nanti, skill kehidupan kedepannya kami akan terima dengan sepenuhnya. Intinya pendidikan pesantren ini membutuhkan perhatian lebih,” pungkas Alfian.