Vaksin MMR, salah satu vaksin untuk orang dewasa. (Fullfact.org)

Ini 5 Vaksin Dewasa yang Harus Diketahui Sebelum Punya Anak 

JAKARTA (IndependensI.com) – Menjamin kesehatan dan keberlangsungan hidup anak adalah tugas orangtua, dan cara memastikannya sejak dini adalah dengan melakukan vaksin. Biaya untuk melakukan vaksin tentunya tidak sebanding dengan kebahagiaan saat memiliki anak yang terlahir sehat tanpa masalah apapun.

Bagi Anda yang ingin punya anak, lakukan vaksin terlebih dahulu. Bukan hanya menjaga kesehatan suami dan istri, vaksin juga turut melindungi anak dari kemungkinan cacat lahir akibat virus saat hamil. Berikut 5 Vaksin yang harus diketahui sebelum punya anak:

  1. Vaksin TT (Tetanus-Toksoid)

Vaksin TT sering disebut sebagai suntik catin karena biasanya yang akan melakukan imunisasi TT adalah calon pengantin yang membawa surat pengantar dari KUA. Vaksinasi TT dilakukan sebagai bentuk pencegahan terhadap penyakit tetanus, yang rentan terjadi pada ibu dan bayi saat proses persalinan akibat luka yang terjadi saat melahirkan.

Pemberian vaksin TT dilakukan saat 6 bulan sebelum menikah atau 1 bulan sebelum pernikahan dilakukan. Vaksin TT ini harganya cukup murah, karena bisa didapat di puskesmas dengan  biaya hanya Rp10.000- Rp20.000 saja.

Vaksin Tetanus (Parenting.firstcry.com)
  1. Vaksin HPV (Human Papillomavirus)

Vaksin HPV diberikan sebagai bentuk pencegahan terhadap kanker serviks. Jenis vaksin ini harus diberikan kepada pria untuk mencegah terkenanya penyakit kutil kelamin. Hal ini karena kedua penyakit ini rentan menyerang orang dewasa yang aktif secara seksual.

Vaksin HPV bisa diberikan sejak usia 9 hingga 45 tahun oleh dokter ahli kandungan. Harga yang dikenakan adalah Rp600.000 – Rp1.000.000 dalam sekali suntik.

 

  1. Vaksin MMR (Mumps, Measles, Rubella)

Vaksin MMR adalah imunisasi untuk mencegah terkenanya penyakit gondongan dan campak. Gondongan pada orang dewasa bisa menyebabkan kemandulan, baik pria maupun wanita sehingga vaksin ini penting dilakukan sebelum punya anak.

Selain itu, vaksin MMR juga bisa mencegah virus rubella menyerang ibu hamil, di mana bisa menyebabkan bayi cacat lahir. Seperti bayi mengalami kerusakan otak, gangguan pendengaran, jantung, dan kondisi kronis lainnya. Vaksin ini harus dilakukan sekali seumur hidup dengan biaya Rp200.000.

Vaksin MMR (Scitechdaily.com)
  1. Vaksin VZV (Varicella Zoster Virus)

Vaksin VZV akan membantu melindungi tubuh dari virus penyebab cacar air. Ibu yang terkena cacar air saat hamil bisa melahirkan bayi dengan kelainan pada mata, keterbelakangan mental, hingga berat lahir rendah.

Vaksin VZV tidak bisa diberikan kepada ibu hamil. Untuk itu, sebaiknya ibu menjalani vaksin ini sebelum hamil, atau sebelum menikah demi melindungi calon anak nanti.

  1. Vaksin Hepatitis B

Hepatitis B terjadi disebabkan oleh virus yang menyerang liver, lalu menular lewat transfusi darah, hubungan seksual, dan penggunaan barang pribadi secara bersamaan. Vaksin Hepatitis B penting dilakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Vaksin hepatitis B diberikan sebanyak tiga kali dengan jarak satu dan enam bulan, yang meliputi, suntikan pertama dan kedua untuk membentuk antibodi dan suntikan ketika untuk meningkatkan kadar sistem imun tubuh. Vaksin ini direkomendasikan bagi pasangan suami istri yang aktif secara seksual.

Vaksin Hepatitis B (Lifepack.id)

Itulah vaksin dewasa yang harus diketahui sebelum punya anak. Jangan ragu untuk gunakan aplikasi Halodoc jika Anda sedang mengalami gangguan kesehatan di tengah kondisi COVID-19 ini. Tanyakan langsung pada dokter mengenai kondisi kesehatan Anda agar dapat mengatasi keluhan kesehatan dengan tepat.

Selain itu, Anda juga bisa membeli obat yang diresepkan dokter melalui Halodoc. Obat yang dipesan akan langsung diantar ke rumah Anda. Untuk Anda yang bertempat tinggal di Yogyakarta juga bisa mengetahui dimana lokasi vaksin Yogyakarta terdekat dengan rumah Anda melalui aplikasi Halodoc.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *