KMP Takabonerate untuk Kabupaten Selayar Diluncurkan

Loading

MAKASSAR (Independensi.com) Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi melakukan Peluncuran KMP Takabonerate untuk Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan. serta peletakan lunas (Keel laying) Ro-Ro 500 GT untuk lintas Kaledupa- Tomia-Binongko, Sulawesi Tenggara.

Acara tersebut dilakukan di Galangan Kapal PT Industri Kapal Indonesia (IKI), Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (4/11)

Selain mendapat kepercayaan untuk membangunan 1 Unit Kapal Penyeberangan Penumpang Ro-Ro 500 GT Lintas Kaledupa – Tomia –Binongko, PT. Industri Kapal Indonesia (IKI) sebelumnya juga dipercaya untuk melaksanakan pembangunan 1 unit Kapal Penyeberangan Penumpang Ro-Ro 500 GT Kabupaten Selayar KMP. Takabonerate.

KMP Takabonerate dibangun dengan nilai Rp34,5 Miliar. Memiliki kapasitas penumpang 265 orang dan ABK 18 orang. Spesifikasi KMP Takabonerate ini yaitu panjang seluruh 46,80 meter, lebar 12 meter, tinggi 3,70 meter dengan kecepatan dinas 13 knot.

Sementara Kapal Ro-Ro 500 GT yang sedang dibuat untuk lintas Kaledupa-Tomia- Binongko bernilai kontrak Rp39,3 Miliar. Mampu mengangkut 265 orang penumpang dan 18 ABK. Dengan spesifikasi panjang seluruh 46,80 meter, lebar 12 meter, tinggi 3,7 meter, dan kecepatan dinas 13 knot.

Bapak Menteri Perhubungan mendapat amanat dari Bapak Presiden untuk mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) sehingga saat ini kami membangun banyak dermaga.

Selain dermaga pemerintah juga membangun beberapa kapal. Tahun depan kami tidak lagibmembangun kapal karena kami akan beralih ke Buy The Service (BTS),” kata Budi.

Saat Direktorat Perhubungan Darat sudah memiliki Direktorat Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan (TSDP) sehingga dengan terbangunnya Direktorat TSDP kami cukup masif membangun dermaga sungai dan danau.

Sementara itu Direktur Utama PT Industri Kapal Indonesia (Persero) Diana Roaa menyatakan, syukur karena PT IKI diberi kepercayaan membangun 1 unit kapal Ro-Ro 500 GT KMP Takabonerate untuk Kepulauan Selayar.

Meski sempat mengalami hambatan, namun kami dapat menyelesaikan pekerjaan ini dengan teamwork yang solid. “Tepat 23 Desember 2020 kita akan serahkan 0kapal ini sehingga sesuai target. Kepercayaan berikutnya adalah membangun 1 kapal lagi yaitu Wakatobi,” katanya.

Hadir juga dalam acara tersebut yaitu Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, Anggota DPR RI Komisi V, Andi Iwan Darmawan Aras, Direktur Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan, Marwanto Heru Santoso, Kapolda Sulawesi Selatan, Walikota Makassar, serta Bupati Kepulauan Selayar. (hpr)