KMP Takabonerate Hadir Untuk Masyarakat Selayar

MAKASSAR (Independensi.com) Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan kembali menghadirkan 1 unit kapal penyeberangan/ Ro-Ro 500 GT yang akan melayani masyarakat di Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

KMP Takabonerate nantinya akan di operasionalkan oleh PT ASDP Imdonesia (prrsero) yang melayani lintasan Bira – Pamatata.Peresmian pengoperasiannya dilakukan oleh Direktur Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan, Cucu Mulyana di Makasar Kamis (22/4)

Acara peresmian ini dihadiri juga oleh Sesditjen Perhubungan Darat Kemenhub Marta Hardisarwono,
anggota Komisi V DPR RI Muhammad Aras dan Hamka B Kady, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, Direktur Utama PT Industri Kapal Indonesia (Persero), Diana Rosa, serta Bupati Kepulauan Selayar.
Peresmian kapal Ro-Ro yang diberi nama KMP. Takabonerate ini dilakukan di galangan PT. Industri Kapal Indonesia (Persero), Makassar pada Kamis, (22/4).

Pembangunan kapal ini menggunakan anggaran dari APBN dengan Pagu sebesar Rp 36 Milyar. KMP Takabonerate hadir dalam rangka mendukung kegiatan sektor perekonomian dan transportasi di Indonesia khususnya di wilayah Sulawesi Selatan ini.

Kehadiran KMP Takabonerate lanjut Cucu, diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat yang nantinya akan digunakan sebagai angkutan atau penghubung antar daerah di Sulawesi Selatan.

KMP. Takabonerate memiliki spesifikasi Panjang Keseluruhan (LOA) 46,80 m, Panjang antara garis tegak (LBP) 41,56m, Lebar 12 m, Sarat air 2,60 m, dan Tinggi 3,70 m.

Kapal ini dapat memuat penumpang sebanyak 265 orang, kendaraan truk besar 10 unit, truk sedang 16 unit, roda 4 sejumlah 26 unit, dan ABK 18 orang.

 

 

 

khususnya di lintasan Bira – Pamatata yang akan semakin memperkuat konektivitas penyeberangan dan sektor logistik masyarakat Selayar, Sulawesi Selatan.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi menyatakan bahwa dengan beroperasinya KMP Takabonerate, masyarakat Selayar dapat mengakses layanan penyeberangan yang semakin mudah, aman, nyaman dan selamat.

“Sudah menjadi komitmen ASDP untuk terus menghadirkan layanan penyeberangan yang memadai untuk masyarakat di seluruh Indonesia, baik di kawasan barat, tengah maupun timur,” kata Ira. (hpr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *