Pengobatan dan Khitanan Keliling di Perbatasan

Loading

LONG BAGUN (IndependensI.com) – Salah satu wujud kepedulian Satgas terhadap kesehatan masyarakat di perbatasan, Satgas Pamtas RI-MLY Yonif Raider 200/BN Pos Kotis kembali menggelar kegiatan pengobatan dan khitanan keliling. Sebelumnya, kesatuan TNI penjaga perbatasan itu melakukan kegiatan serupa di Pos Kout Malinau.

Kegiatan pengobatan dan khitanan ini dimulai dengan anjangsana mendatangi rumah warga yang ingin berobat dan mengalami sakit di Desa Batu Majang, Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Mahulu, Kalimantan Timur.

Masyarakat sangat antusias melihat kedatangan tim kesehatan yang dipimpin Dokter Satgas Lettu Ckm Fernando Arif. Doker Fernando datang didampingi empat orang anggota.

“Satgas Pamtas Yonif Raider 200/BN yang berada di Pos Kotis selalu ikut ambil bagian dalam kegiatan kemanusiaan tentang kesehatan untuk memberikan pelayanan pengobatan keliling dari rumah ke rumah. Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Satgas terhadap masyarakat yang ingin berobat dan melaksanakan khitanan secara gratis,” ujar Fernando.

“Salah satu tujuan kami yaitu melihat senyum ceria dan dapat beraktifitas kembali dari warga masyarakat yang kembali sehat dengan adanya pelayanan kesehatan keliling dan khitanan ini. Semoga seluruh warga Kecamatan Long Bagun, khususnya Desa Batu Majang merasa terbantu dengan kehadiran Satgas Pamtas Yonif Raider 200/BN,” katanya menambahkan.

Hal ini mendapat respon positif dari Eko (45 tahun), yang menderita diabetes. Eko mendapat penanganan kesehatan dengan baik dan ramah oleh tim medis Satgas Pamtas.

Warga lain yang mengungkapkan apresiasinya adalah Ismail (39). Pria berusia 39 tahun ini berterima kasih karena putranya, Bayau (6), mendapatkan pelayanan khitan gratis. Ismail gembira dengan kepedulian anggota Satgas Pamtas Yonif Raider 200/BN terhadap kesehatan warga di kampungnya.

Dansatgas Pamtas RI-MLY Yonif Raider 200/BN Mayor Inf Andy Irawan SH menyampaikan bahwa di samping melaksanakan tugas pokok untuk menjaga tapal batas, Satgas Pamtas juga memiliki tugas lain di bidang sosial. “Salah satu contohnya berupa kepedulian terhadap kesehatan masyarakat,” kata Andy.

“Kegiatan yang dilakukan oleh personel Pos Kotis merupakan salah satu wujud nyata kepedulian kita terhadap masyarakat, dengan adanya kegiatan pelayanan kesehatan yang langsung turun ke kerumah warga diharapkan masyarakat merasa terbantu dengan kehadiran kami,” ujarnya.