Pemerintah Siap Vaksinasi Covid 19 Secara Nasional

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, pemerintah sudah siap melaksanakan program vaksinasi Covid-19 secara nasional.

Dia melanjutkan, pemerintah sudah siap secara logistik yang meliputi prosedur untuk menjaga suhu vaksin atau cold chain dan kualitas vaksin. “Persiapan untuk menjaga kualitas dan efektivitasnya sudah berjalan dengan baik,” kata Wiku saat menjawab pertanyaan media di Kantor Presiden, Kamis (26/11/2020) yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden. 

Lebih lanjut, Wiku mengungkapkan, saat ini rata-rata kesiapan cold chain yang berfungsi di Indonesia sudah mencapai 97%. “Pemerintah saat ini sedang melakukan finalisasi untuk menentukan daerah prioritas yang akan memperoleh vaksin,” kata Wiku seperti dalam keterangan tertulisnya.

Keputusan tersebut, kata dia, diambil dengan mempertimbangkan berbagai aspek, seperti jumlah kasus positif, jumlah penduduk, luas wilayah, dan sebagainya. “Pemerintah pusat terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang dibutuhkan dalam program vaksinasi Covid-19,” imbuhnya.

Di samping itu, Wiku mengatakan, jumlah SDM yang dibutuhkan tentunya menyesuaikan jumlah peserta vaksinasi. Lalu, sambung Wiku, koordinasi yang dilakukan juga meliputi sarana pendukung lainnya yang dibutuhkan saat program vaksinasi dilakukan. “Program vaksinasi nasional juga sangat bergantung pada hasil uji klinis tahap tiga yang sedang dilakukan saat ini,” katanya.

Wiku mengatakan, nantinya, hasil tersebut akan dikaji oleh Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (POM) sebelum dikeluarkannya Emergency Use of Authorization (EUA). “Kami berharap tahapan ini berjalan sesuai rencana sehingga vaksinasi dapat dilakukan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan,” katanya.

Tak hanya itu, Wiku menuturkan, sekarang pemerintah fokus memastikan bahwa vaksin yang akan digunakan nanti aman, berkhasiat dan minim efek samping.