Sejumlah perahu milik masyarakat merapat di KRI Barakuda-633 mengikuti acara sedekah laut di Pulau Ngenang, Batam, Kepulauan Riau. (Dispen Koarmada)

Masyarakat Maritim Sebagai Kekuatan Pertahanan dan Keamanan Laut

JAKARTA (Independensi.com) – Selain bakti sosial yang diadakan Koarmada I dalam rangka Hari Armada RI tahun 2020, digelar pula kegiatan sedekah laut di Perairan Pulau Ngenang, Batam, Kepulauan Riau.

Sejumlah perahu tradisional yang membawa sekitar 298 orang masyarakat Pulau Ngenang merapat ke KRI Barakuda-633 yang dikomandani Mayor Laut (P) Moechamad Soeryo, S.T. Mereka menerima sedekah laut dari Pangkoarmada I Laksda TNI Abdul Rasyid K, S.E., M.M.

Pada kesempatan tersebut, Danguskamla Koarmada I Laksma TNI Yayan Sofiyan, S.T., M.M., menyampaikan pesan dari Pangkoarmada I kepada seluruh masyarakat untuk menjaga laut dari berbagai hal yang dapat mengganggu keamanan laut menjadi tanggung jawab bersama.

“Dalam mewujudkan keamanan laut yang terkendali tidak hanya melalui upaya-upaya pergelaran unsur patroli, namun juga dilakukan melalui penetrasi sosial dengan mengajak seluruh komponen untuk menjaga laut agar tetap aman. Masyarakat maritim adalah aset kekuatan pertahanan dan keamanan laut sehingga mereka harus dekat dengan kita,” demikian diungkapkan Danguskamla Koarmada I.

 

Kegiatan dihadiri oleh Asintel Guskamla I Kolonel Laut (P) Kelik, Aslog Guskamla Koarmada I Letkol Laut (T) Nengah Sukadana, Ketua Cabang 5 DJI I Ny. Peni Yayan Sofiyan, dan Pengurus Cabang 5 DJA I, serta Prajurit Guskamla Koarmada I. Demikian berita dikutip dari rilis Dispen Koarmada I, Senin (30/11/2020).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *