Kompol Rosana Albertina Labobar
Kompol Rosana Albertina Labobar. (foto istimewa)

Catat Prestasi Mentereng, Kompol Ocha Anggap Pekerjaan Sebagai Amanah

Loading

JAKARTA (Independensi.com)- Pada 4 Januari lalu,  Lulusan Akpol tahun 2007 melaksanakan upacara kenaikan pangkat dari Ajun Komisaris Polisi menjadi Komisaris Polisi.

Dari sekian ratus perwira Akpol 2007 ada satu Polwan yang telah mendahului dan mendapat Kenaikan Pangkat Luar Biasa oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian yang menjabat pada saat itu karena berhasil menggagalkan penyelundupan 1 Ton Shabu di Anyer Banten.

Kompol Rosana Albertina Labobar, S.Ik, M.Si adalah satu-satunya Polwan yang terlibat dalam pengungkapan tersebut dan mendapatkan kenaikan pangkat luar biasa pada tahun 2017 menjadi komisaris polisi. Banyak prestasi yang telah diraihnya dalam membongkar penyelundupan Narkoba di Indonesia.

Polwan berprestasi ini juga mendapatkan penghargaan berupa Pin Emas Ibu Presiden pada Hari Kartini 2019 di Monas. Menjabat sebagai Kanit 5 Subdit 1 Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya merangkap Katimsus Subdit 1, Kompol Ocha dan tim sudah mengungkap jaringan liquid vape dan Ganja Sintetis mulai dari pengedar, home industri, pengendali bahkan bandar besar dan jaringan internasional sehingga kembali meraih Pin Emas Kapolri karena prestasinya itu.

Kini Kompol Ocha mendapat promosi jabatan sebagai Wakasat Polres Metro Jakarta Barat. Keseharian yang sangat berbeda dimana Kompol Ocha tidak lagi beraktivitas di lapangan untuk terjun langsung dalam giat penyelidikan maupun penangkapan. Tugas dan tanggung jawabnya lebih kepada pengawasan anggota ke dalam, dan pemberkasan dalam penyelidikan.

“Pastinya situasi kerja sekarang dan dulu sangat jauh berbeda karena lebih menghabiskan waktu di kantor untuk pemeriksaan berkas dan gelar perkara dibandingkan dulu yang setiap hari di lapangan. Tapi saya sangat menikmati karena jam kerja jelas dan waktu untuk keluarga juga sangat cukup. Pekerjaan ini adalah amanah yang harus saya jalankan dengan penuh rasa tanggung jawab.”

Apakah tahun ini kompol Ocha akan mengikuti pendidikan Sepspimen karena informasinya Kompol Ocha sudah memenuhi syarat tahun ini ? “Rejeki sekolah Tuhan yang atur. Saatnya sekolah pasti akan sekolah kok, jangan ngoyo tapi kasih kesempatan kepada yang lebih senior,” tutupnya.