Salah satu karya seni lukis siswa Sanggar Daun yang dipamerkan di Galeri Icon Mall Gresik Jawa Timur

Perkenalkan Karya Spaktakuler Siswa Sanggar Daun Gelar Pameran Seni

GRESIK (Independensi.com) – Untuk memperingati ulang tahun ke 17 berdirinya Sanggar Daun, pameran seni rupa yang diberi titel  “ART JOURNEY INTO THE FUTURE” di Galeri Icon Mall Gresik mulai 17 Januari hingga 6 Februari 2021.
Dalam pameran itu, ada sebanyak 25 siswa Sanggar Daun mulai tingkat junior hingga senior yang memamerkan 87 karya seni. Seperti, lukisan, sketsa, batik, fotografi hingga puisi.
Bahkan, beberapa karya seni siswa Sanggar Daun sudah pernah dipamerkan ke Mancanegara. Diantaranya, lukisan karya Ariel Ramadhan (21) sudah pernah di pamerkan ke mancanegara.
“Kebetulan saya sudah pernah berpameran lukisan saya di luar negeri, yakni di Jerman, Australia dan Amerika,” ujar Ariel disela-sela kegiatan pameran, Rabu (20/1).
“Sejak saya menekuni seni lukis dan bergabung di Sanggar Daun sejak 2014 lalu, saya sudah menghasilkan hampir 100 karya lukis,” tuturnya.
Dari puluhan karya yang telah diciptakannya, Ariel lebih suka melukis kapal pinisi. “Kebanyakan lukisan saya itu, adalah kapal pinisi. Karena, kapal pinisi memiliki keunikan dan keindahan luar biasa,” ungkap seniman muda kelahiran Surabaya ini.
Senada juga disampaikan salah satu perwakilan orang tua siswa Sanggar Daun, Eko Sumargo yang berharap dengan digelarnya pameran ini, para siswa bisa lebih bersemangat lagi untuk berkarya.
“Tentunya ini adalah kegiatan positif dimana anak-anak dapat memamerkan karyanya di ruang publik untuk dapat diapresiasi oleh masyarakat,” tegasnya.
Sementara itu, menurut Pendiri dan pembina utama Sanggar Daun Arik S. Wartono sejak berdiri tahun 2004 Sanggar Daun telah mempersembahkan untuk bangsa Indonesia tak kurang dari 900 penghargaan internasional.
“Para seniman Sanggar Daun, sering diundang dan menjadi peserta dalam pameran maupun festival seni rupa anak internasional yang diselenggarakan oleh lembaga PBB, lembaga sosial, perusahaan multinasiona dan galeri di berbagai negara.
Seperti, Australia, Jepang, Kanada, Mesir, Inggris, USA, Russia, Jerman, Prancis, Polandia, Belanda, Macedonia, Turki, India dan Hongkong,” imbaunya.
“Bahkan karya siswa Sanggar Daun juga pernah ada yang dipamerkan di Museum Van Gogh Belanda, Look and Learn dan Saatchi Gallery UK serta IE NO HIKARI dan Kanagawa Gallery Jepang,” tandas Arik. (Mor)