Sebuah kapal yang mampu membersihkan sampah di aliran Kali Bekasi mulai dioperasikan. (humas)

Kapal Pembersih Sungai Beroperasi di Kota Bekasi

Loading

BEKASI (Independensi.com)- Sebuah  kapal pembersih sungai “See Hamster”, mulai  beroperasi di Kota Bekasi. Kapal ini diperuntukkan membersihkan Kali Bekasi dari keberadaan sampah.

“See Hamster” yang merupakan bantuan Waste4Change dan One Earth, One Ocean, Reset Plastic, Recycle untuk Pemerintah Kota Bekasi mestinya  sudah bisa digunaka  tahun 2020. Hanya saja kendala pengadaan baterai penggerak yang harus didatangkan secara impor membuat pengoperasiannya tertunda.

Pada Selasa (23/2/2021), “See Hamster” resmi dilepas di Kali Bekasi dari titik
Perumahan Delta Pekayon.

Managing Director Waste4Change Bijaksana Junerosano yang melakukan studi terkait sampah di Kali Bekasi mengatakan, bahwa setiap harinya ada 775 ton sampah yang berpotensi terbuang ke laut. Angka tersebut tidak jauh berbeda dengan jumlah sampah yang tidak sanggup dikelola Pemkot Bekasi setiap harinya.

“Kami harap adanya kapal ini dapat meminimalisir dampak dari pencemaran limbah sampah plastik di sungai. Kota Bekasi menjadi pilot project,” kata Junerosano.

  1. φ

Sementara Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, mengatakan aktivitas bersih-bersih sungai nantinya akan fokus pada daerah aliran Sungai Bekasi. Ia berharap dan diupayakan bagaimana mencegah langsung pada sumbernya agar sampah tidak dibuang ke aliran sungai, dengan menciptakan kesadaran akan lingkungan.

“Perahu akan dioperasikan di daerah aliran Sungai Bekasi. Kita sadari produksi sampah di Kota Bekasi tiap harinya mencapai 1.800 ton (sampah sungai dan darat), dengan adanya kapal ini nantinya akan difokuskan pada pembersihan Kali Bekasi. Selama ini pembersihan sampah di Kali Bekasi hanya dilakukan secara manual,” ujar Rahmat. (konser sihotang)