Kiprah Ayep Zaki Dalam Mewujudkan Kesejahteraan yang Berkeadilan

SUKABUMI (IndependensI.com) – H. Ayep Zaki, nama ini mungkin sedang ramai dibicarakan para pelaku UMKM dan Petani saat ini. Bagaimana tidak, karena kiprahnya tak bisa dipandang sebelah mata. Ratusan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan para petani dibinalah oleh sosok Ayep Zaki ini untuk ditingkatkan produktivitasnya sehingga pendapatan mereka meningkat yang menjadikan kesejahteraan mereka pun meningkat.

Berangkat dari pengalamannya sejak muda yang sudah terjun sebagai pelaku UMKM, H. Ayep Zaki terus melakukan berbagai terobosan untuk membantu para pelaku UMKM, petani dan peternak agar mereka bisa meningkatkan pendapatannya.

Lantas seperti apakah sosok H. Ayep Zaki?

H. Ayep Zaki yang dibesarkan di Kota Sukabumi, Jawa Barat merupakan seorang pegiat ekonomi kerakyatan. Ia dikenal sebagai sosok yang peduli terhadap pendidikan yang berkeadilan dengan berlandaskan sikap jujur, ikhlas, dan amanah. Pria yang memiliki visi menjadi sosok yang bermanfaat bagi nusa, bangsa dan agama ini memiliki 1594 anak asuh dan telah melakukan pembinaan terhadap 251 Usaha Kecil Mikro dan Menengah di sejumlah wilayah di Indonesia.

Ia memiliki misi: Mendukung kebijakan pembangunan nasional di bawah pemerintahan yang sah; Memberdayakan UMKM; Mendirikan dan menyelenggarakan pendidikan generasi bangsa yang berkarakter baik formal maupun non formal; menyelesaikan permasalahan fakir miskin serta membina wirausaha anak yatim.

Riwayat Pengalaman Organisasi dan Pekerjaan

H. Ayep Zaki memiliki segudang pengalaman di sejumlah organisasi yang dikutip dibawah ini mulai dari sejak tahun 2010 diantaranya : Tahun 2010 ia mendirikan Yayasan Pembina Pendidikan Doa Bangsa, di sini ia menjabat sebagai pendiri dan Ketua pembinaan. Dalam Yayasan tersebut H. Ayep Zaki mendirikan SMP, SMA, SMK, LKP, Pondok pesantren, bahkan PAUD yang bernama Doa Bangsa dengan total saat ini sebanyak 22 satuan pendidikan.

Tahun 2015 sampai sekarang ia menjabat sebagai pendiri dan Ketua Umum Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB). Dalam FKDB ini H. Ayep Zaki membina sebanyak 251 UMKM yang ditingkatkan produktivitasnya.

Tahun 2020 sampai 2025 ia menjabat sebagai Anggota Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat (KPEU) MUI Pusat.
Tahun 2018 sampai 2023 ia menjabat sebagai Pengurus DPP bidang Ekonomi (Pertanian dan Kehutanan) Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU). Tahun 2018 sampai 2022 ia menjabat sebagai Pembina pada Himpunan Pengusaha Nahdliyyin (HPN) Provinsi Jawa Barat.

Sejak tahun 2018 sampai sekarang Ia menjabat sebagai ketua 2 pada Sinergi Nawacita Indonesia (SCNI) pusat.
Tahun 2019 sampai 2024 ia dipercayakan sebagai Wakil Ketua Umum DPP Himpunan Penyelenggara Pelatihan dan Kursus Indonesia (HIPKI).

Tahun 2020 sampai sekarang ia dipercayakan menjadi Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kerapatan Indonesia Tanah Air (KITA). Dan pada tahun 2021 ini, H. Ayep Zaki mendapatkan kepercayaan menjabat sebagai Ketua Dewan Pakar Partai Nasional Demokrat (NasDem) Kabupaten Sukabumi.

Riwayat pekerjaan H. Ayep Zaki, beberapa diantaranya yang baru-baru ini diangkat ialah : Tahun 2020 sampai sekarang ia dipercayakan menjadi Direktur LSP Pertani Indonesia. Melalui LSP Pertani Indonesia ini H. Ayep Zaki membuat program untuk peningkatan keilmuan para petani dan melegalkan kemampuan tersebut dengan menerbitkan sertifikasi keahlian yang bekerjasama dengan BNSP.

Tahun 2017 sampai sekarang ia diangkat menjadi Komisaris PT Bursa Tani Global Niaga. Jabatan ini ia emban untuk melakukan upaya pengamanan nutrisi tanaman yang dibutuhkan oleh para petani.

H. Ayep Zaki juga merupakan Pemegang Saham Pengendali (PSP) BPR Artha Kelola Cahayatama sejak tahun 2012 sampai sekarang.

Pada tahun 2019 sampai sekarang ia dipercayakan menduduki posisi sebagai Komisaris PT Doa Bangsa Agrobisnis, Melalui badan hukum ini banyak sekali para petani yang dibina untuk ditingkatkan produktivitasnya melalui peningkatan panen yang membuat meningkatnya kesejahteraan para petani

*Sederet Prestasi H. Ayep Zaki*

Sederet prestasi dan penghargaan yang telah diraih oleh H. Ayep Zaki yaitu: Penghargaan Upakarti Jasa Kepeloporan dari Menteri Perindustrian dan Perdagangan yang disampaikan langsung oleh Presiden RI pada tahun 1997.
Penghargaan dari Gubernur Jawa Barat sebagai UKM berprestasi tingkat Provinsi Jabar tahun 2004.
Penghargaan dari Gubernur Jawa Barat sebagai Inovator Menengah bidang usaha industri alat berat tingkat Provinsi Jabar tahun 2008.

Penghargaan dari HIPKI atas partisipasi aktif dalam memberikan support terhadap organisasi tersebut.
Kemudian penghargaan dari Udemy atas keberhasilan mengikuti kursus online tentang Financial Dashboard menggunakan Google Data Studi.
Penghargaan juga diraih H. Ayep Zaki dari Persatuan Insinyur Indonesia (PII) atas prestasinya dalam “Mewujudkan Peningkatan UMKM yang memproduksi Tempe di seluruh Indonesia”.

Dengan segudang pengalaman dan prestasi yang telah diraihnya, H. Ayep Zaki tertekad akan terus memperjuangkan peningkatan kesejahteraan para petani, peternak dan pelaku UMKM di seluruh pelosok Negeri. (Chs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *