KBRI Doha Hadir Pada Pameran AgriteQ Qatar

DOHA (Independensi.com)
KBRI Doha mengikuti Pameran Qatar International Agricultural and Environmental Exhibition 2021, atau yang dikenal sebagai AgriteQ dan EnviroteQ.

Pameran yang akan berlangsung pada 23-27 Maret 2021 merupakan salah satu pameran  pertanian dan lingkungan terbesar di kawasan Timur Tengah.

Pada Pameran AgriteQ yang memasuki edisi ke-8 dan EnviroteQ edisi ke-2 ini,  “Pavilion Indonesia” yang berukuran 24 meter persegi menampilkan berbagai produk makanan dan minuman, olahan unggas, holtikultura, rempah-rempah, serta pupuk organik dari tiga perusahaan Indonesia yang ada di Qatar, yaitu Indofood, Koperasi Warga Indonesia di Qatar (KWIQ), dan Qatar – Indonesia (Qatindo) Supermarket serta  sejumlah perusahaan Indonesia dan diaspora Indonesia di Qatar yang mengirimkan sampel produknya.

KBRI Doha juga mendapat dukungan katalog informasi eksportir produk pertanian dan perikana yang siap memasuki pasar luar negeri termasuk Qatar dari Kementerian Pertanian dan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Negara Qatar, Ridwan Hassan menyampaikan bahwa sektor pertanian menjadi sektor yang penting di Qatar karena hal ini terkait dengan ketahanan pangan yang menjadi salah satu program prioritas  yang terus dikembangkan di Qatar.

Setelah sempat mengalami blokade selama sekitar 3 tahun, Qatar selain terus membangun pertaniannya untuk memenuhi kebutuhan dalam negerinya, juga memberi kesempatan lebih banyak sumber pasokan kebutuhan pangannya.

Dalam kaitan ini produk maupun komoditi pertanian Indonesia seperti holtikultura, rempah-rempah, dan produk unggas maupun perikanan serta produk makanan dan minuman pada umumnya masih terbuka luas untuk itu dapat masuk ke Qatar.

Ditambahkan pula bahwa memasuki pasar Qatar adalah suatu pilihan strategis, karena dengan infrastruktur perhubungan udara dan lautnya yang sangat baik, Qatar menjadi hub bagi perlintasan orang dan barang tidak hanya di timur tengah tapi juga dunia.

Pameran AgriteQ dan EnviroteQ 2021 dibuka oleh Menteri Kotapraja dan Lingkungan Qatar, H. H E Eng. Abdullah bin Abdulaziz bin Turki Al Subaie pada tanggal 23 Maret 2021 dan akan berlangsung hingga tanggal 27 Maret 2021 di Doha Exhibiton and Convention Center (DECC).

Pameran diikuti 208 perusahaan dan perwakilan dari 42 negara yang diwakili oleh kedutaan besar maupun perwakilan dagang/bisnis yang ada di Qatar. (hpr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *