Jokowi Sebut Jika Stok Cukup Pemerintah Tidak Akan Impor Beras

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Impor beras sempat menuai kontoversi sebelum akhirnya Presiden Joko Widodo menunda impor hingga Juni 2021. Menurut Jokowi, pemerintah sejatinya tidak akan akan melakukan impor beras jika produksi tahun ini berjalan dengan baik.

Hal tersebut dikatakan Jokowi saat meninjau dan melihat panen padi di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. “Insya Allah nanti sampai akhir tahun, kalau kita tahan produksinya bagus berarti juga tidak akan impor,” kata Jokowi dalam akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (21/4/2021).

Jokowi mengklaim, tidak ingin impor dilakukan. Oleh sebab itu, pemerintah memutuskan hingga Juni tidak akan dilakukan impor beras.

“Pemerintah sebetulnya tidak senang, tidak suka yang namanya impor beras. Tapi karena itung-itungan, banyak yang kena banjir, pandemi, kadang memang itung itungan kalkulasi, waduh ini kurang sehingga perlu tambahan untuk cadangan,” bebernya.

Sebelumnya diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk tidak melakukan impor beras hingga Juni 2021. Kebijakan itu dikeluarkan Jokowi karena tak ingin harga gabah di tingkat petani semakin merosot.