Kontes Ikan Bandeng

Pemkab Gresik Bakal Gelar Tradisi Tahunan Kontes dan Lelang Ikan Bandeng Secara Virtual

Loading

GRESIK (Independensi.com) – Kontes dan lelang ikan bandeng sebagai tradisi atau acara tahunan jelang hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah, mesti dalam kondisi pandemi Covid-19. Bakal tetap diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik, dengan cara yang berbeda dari biasanya.

Hal ini disampaikan oleh PJ. Sekda Gresik Abimanyu Poncoatmojo Iswinarno saat memimpin rapat koordinasi pelaksanaan kontes bandeng di ruang rapat Kantor Bupati Gresik pada Rabu (21/4).

“Tahun ini kegiatan kontes ikan bandeng yang menjadi tradisi di Gresik, akan dilaksanakan di halaman kantor Bupati Gresik pada 7 Mei 2021 malam secara virtual. Rencananya kegiatan ini akan dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa,” ujarnya.

“Kami berharap peserta kontes ini adalah ikan bandeng asli produksi petani Gresik. Untuk itu pihak panitia terutama dinas perikanan selaku penanggung jawab kegiatan, agar mengecek betul hal ini,” kata Sekda menyampaikan harapan Bupati.

Bandeng hasil kontes lanjut Sekda nantinya akan dilelang secara virtual pula kepada masyarakat sebagai peserta lelang, serta kepada para Bupati dan Walikota se Jawa Timur yang diundang secara daring dalam acara tersebut.

“Sesuai yang diharapkan oleh Fandi Akhmad Yani Bupati Gresik, agar tradisi Pasar bandeng, lelang bandeng dan kontes bandeng jangan sampai punah dari Kota Santri (sebutan Gresik, red) meskipun pandemi. Jangan sampai juga pemulihan perekonomian masyarakat yang salah satunya memanfaatkan event tahunan ini juga runtuh akibat pandemi,” tegasnya.

“Dalam kontes ini, akan berlangsung mulai tanggal 5 sampai 10 Mei 2021. Sedangkan panitia telah menyiapkan 10 tempat atau lokasi kontes ikan bandeng, yang disebar dibeberapa Kecamatan di wilayah Kabupaten Gresik. Masing-masing titik kegiatan akan melaksanakan kegiatan jual ikan bandeng dan pernak-pernik kebutuhan Ramadhan maupun Idul Fitri,” tandasnya.

Sementara Kepala Bagian Humas dan Protokol  Reza Pahlevi menuturkan 10 titik pasar bandeng. Yaitu, Lapangan Sitarda Ujungpangkah, Alun-alun Sidayu, Lapangan Gembos Bungah, Lapangan Suci Manyar, Areal Pasar Baru Gresik, Lapangan Manunggal Kedamean, Lapangan Klampok Benjeng, Halaman Kecamatan Cerme, Lapangan Menganti dan Lapangan Duduksampeyan. (Mor)