Permintaan Lele saat Ramadan di Cirebon Meningkat

Loading

CIREBON (IndependensI.com) – Permintaan ikan lele pada bulan puasa di Cirebon Jawa Barat mengalami peningkatan. Hal tersebut membuat para pengepul kesulitan untuk mendapatkan ikan.

Seperti yang dikatakan Didi 60 tahun warga Gebang Kabupaten Cirebon ini, mengaku cukup kewalahan mencari stok lele untuk ia jual kembali.

Didi sudah memiliki pelanggan khusus, sehingga dirinya tinggal mengirimkan lele langsung kepada pelanggannya, yang mayoritas merupakan pedagang pecel lele.

“Sekarang permintaannya cukup banyak,” kata Didi di Cirebon Minggu 2 Mei 2021.

Jika biasanya ia hanya menjual sebanyak 1 kwintal ikan lele, pada bulan puasa ini, kebutuhannya mencapai hingga 4 kwintal ikan lele setiap harinya.

Saat ditemui, Didi sedang membeli ikan lele, di tempat Budidaya Ikan Lele Rea Abadi di Desa Kanci Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon. Budidaya ikan lele binaan perusahaan pembangkit listrik Cirebon Power ini, memang menjadi salah satu langganannya.

Ia belum mengetahui, ada berapa banyak ikan lele yang bisa ia beli dari tempat langganannya itu. Tapi Didi menantang, siap membeli seluruh hasil panen kali ini.

“Kalau ada 4 Kwintal atau lebih, tetap saya beli,” kata Didi.

Duman, ketua kelompok budidaya Rea Abadi mengatakan, dirinya memang sudah cukup lama berkecimpung dalam budidaya lele. Namun keterbatasan modal, membuat usahanya itu sempat terhenti sekitar dua tahun.

“Tahun ini, kami diberikan dukungan dari Cirebon Power untuk permodalan. Selain itu, tanah yang digunakan juga, merupakan tanah bengkok desa,” ujar Duman.

Untuk budidaya kali ini, Duman baru melakukan dua kali panen. Hasil panennya, semuanya dibeli oleh Didi, yang juga merupakan pelanggan lamanya.

Selama dua kali panen, ia sudah bisa panen sebanyak 1 ton ikan lele. Namun jumlah tersebut masih belum memenuhi kebutuhan pasar.

Bahkan Duman bercerita, bahwa ada yang berani membeli dengan harga yang sudah ditetaokan sebelumnya. Hal tersebut karena kebutuhan lele yang meningkat saat ini.

“Tapi karena kami sudah bekerjasama lama dengan Pak Didi, jadi tetap saya jual ke Pak Didi dengan harga Rp 17ribu perkilo. Sempat ada yang menawar Rp 18ribu perkilo,” kata Duman.

Dengan dukungan yang diberikan oleh Cirebon Power, Duman berencana untuk menambah balongnya yang saat ini hanya berjumlah tiga buah. Ia berencana menambah empat balong lagi.

Pada panen kali ini, Duman memperkirakan bisa memanen sebanyak 500 kg ikan lele. Semua ikan tersebut, akan dibeli oleh Didi untuk dijual kembali kepada pelanggannya.

” karena permintaannya terus melonjak, kami berencana untuk menambah jumlah balongnya,” ujar Duman. (Chs)