Negara di Kawasan Asia Tenggara Alami Lonjakan Covid 19

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Kasus Covid 19 kembali melonjak di sejumlah belahan dunia. Tak terkecuali di kawasan Asia Tenggara. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan kawasan Asia Tenggara alami kenaikan kasus tertinggi selama kurun waktu 26 April 2021 – 2 Mei 2021. Angka kenaikannya cukup tinggi yaitu 19 persen.

“Kawasan Asia Tenggara yang dalam terminologi WHO terdiri dari negara India, Indonesia, Nepal, Bangladesh, Sri Lanka, Thailand, Maldive, Timor Leste, Myanmar, dan Bhutan mengalami kenaikan kasus tertinggi yaitu 19 persen dilihat dari kurun waktu seminggu sampai 2 mei 2021,” katanya dalam akun Youtube Sekretariat Presiden, Sabtu (8/5/2021).

Dengan lonjakan tersebut, maka angka kasus di Asia Tenggara mencapai 47 persen dari kasus baru dunia.  Kenaikan cukup banyak terjadi di India.

“Kasus Asia Tenggara merupakan 47% dari kasus baru dunia selama kurun waktu tersebut, kenaikan cukup ini terutama terjadi di India,” ujarnya.

Retno menegaskan kejadian tersebut harus menjadi pengingat semua pihak agar tetap waspada. Sekaligus penanda bahwa pandemi Covid-19 masih menyerang.

“Setiap dari kita dapat menjadi bagian ikhtiar mencegah penyebaran covid-19, caranya dengan kita sukseskan ikhtiar vaksinasi yang sedang dilakukan pemerintah dan tidak kalah pentingnya terus patuhi prokes jangan pernah kendor, mematuhi protokol kesehatan dan untuk melindungi orang-orang sekitar kita yang dicintai,” imbuhnya.