YPJI Salurkan 100 Paket Sembako kepada Jurnalis

JAKARTA (Independensi.com) – Yayasan Peduli Jurnalis Indonesia (YPJI) kembali sukses menyalurkan bantuan sosial (Bansos) kepada para jurnalis, di samping giat berbagi takjil setiap pekan kepada masyarakat lewat kerjasamanya dengan High Cube Cafe Jakarta selama bulan Ramadan. Kali ini, YPJI menghelat program bantuan sosial kepada 100 orang jurnalis, Sabtu (8/5/2021), di bilangan Jalan Wijaya, Jakarta Selatan.

Berbeda dari program YPJI Berbagi sebelumnya yang memberikan bansos kepada sejumlah forum dan perkumpulan wartawan di wilayah Jadetabek, kali ini YPJI membagikan bansos langsung secara perorangan, kepada 100 orang jurnalis atau wartawan yang notabene tergabung di sejumlah forum atau perkumpulan wartawan.

Wakil Ketua Umum YPJI Mambang Yazid menuturkan, program “Bansos 100 Jurnalis” ini diserahkan secara perorangan, langsung kepada para jurnalis yang tergabung di sejumlah forum-forum wartawan di bilangan Jadetabek.

“Ini bentuk kepedulian kita pada profesi jurnalis. Saat ini profesi jurnalis adalah salah satu profesi yang turut terdampak pandemi. Jadi sesuai misi kita di YPJI sedari awal berdiri, kita ingin selalu berusaha untuk bisa hadir membantu rekan-rekan jurnalis, terutama di tengah masa pandemi seperti sekarang ini,” ujar Mambang Yazid di sela giat pembagian bansos, Sabtu (8/5).

Mambang Yazid menambahkan, bantuan sosial kepada 100 orang jurnalis kali ini adalah berupa paket sembako yang terdiri dari beras, gula, minyak goreng, susu kaleng, susu bubuk, teh, dan juga sirup.

“Kita tidak sendiri, YPJI bekerjasama dengan sejumlah donatur, yang tentunya kita sangat berterima kasih atas dukungan sejumlah pihak, hingga program ini dapat berjalan dengan lancar. Terima kasih banyak untuk Ibu Permata Warokka, artis dan politikus Golkar Camelia Lubis, Ibu Rani Anggraini Safitri, Ibu Isa Meilia, dan pendiri PT Satas Transportindo Ibu Hj Siti Ariyanti,” ungkapnya.

Sementara itu, Camelia Lubis yang dikenal Camel Petir, di tempat terpisah mengatakan, di bulan Ramadan ini, ia mengajak untuk banyak berbagi. Apalagi di saat sulit seperti ini di tengah Covid-19.

“Tentunya banyak sekali bisnis maupun profesi yang terpukul ekonominya akibat Covid-19. Salah satu yang terdampak yakni profesi jurnalis. Kegiatan ini tentu tidak bisa meng-cover seluruh jurnalis yang terdampak, namun ini bukti bahwa kami peduli,” kata Camelia Lubis.

Program ini adalah kelanjutan dari sejumlah program YPJI Peduli yang sebelumnya telah sukses dihelat.

Di antaranya, dua kali sukses menggelar program berbagi sebanyak 5000 paket bansos untuk jurnalis dan masyarakat hasil kerjasama dengan Kementerian Sosial, lalu pembagian 1000 paket vitamin untuk jurnalis kerjasama dengan Mustika Ratu, pembagian paket takjil Ramadan kepada jurnalis dan masyarakat, dan banyak lainnya.

Sementara itu di tempat terpisah, Ketua Umum YPJI Andi Arif menyatakan ke depannya YPJI akan terus bergerak untuk membantu insan pers. YPJI membuka pintu seluas-luasnya kepada para donatur untuk ikut serta membantu rekan-rekan jurnalis.

“Sedikit banyaknya, kita berusaha untuk membantu meringankan beban para jurnalis, apalagi di tengah masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini,” tandas Andi Arif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *