Dirjen Dukcapil Depdagri Zudan Arif F bersma Kadisdukcapil Kota Bekasi Taufik saat berkunjung Bekasi. (humas)

Dirjen Dukcapil Depdagri: Wujudkan Pelayanan Membahagiakan Masyarakat

Loading

BEKASI (IndependensI.com)- Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri  Zudan Arif Fakrulloh menyebutkan aparat di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) agar terus meningkatkan pelayanan administrasi kependudikan (adminduk) kepada masyarakat.

Ia mengapresiasi Disdukcapil Kota Bekasi dimana terus mengalami peningkatan yang signifikan. Berbagai terobosan inovasi  telah dilakukan guna  mewujudkan pelayanan yang berkualitas, katanya saat berkunnung ke Kantor Disdukcapil Pemkot Bekasi, kemarin.

Zudan memesankan untuk mewujudkan pelayanan yang membahagiakan masyarakat, yakni dengan melakukan tugas secara bersama-sama dan terus menjaga kekompakan. Selain itu  dapat membahagiakan masyarakat dengan melakukan seleksi terhadap petugas Front Office (FO) di garda terdepan dalam memberikan informasi.

Ia juga meminta petugas dapat  memberikan kepastian waktu pengurusan layanan adminduk. “Tidak menjadi masalah ketika pengurusan dokumen adminduk lebih dari satu hari asalkan masyarakat mendapatkan kepastian waktu kapan dokumen adminduk mereka dapat diterima,” ujarnya.

Program Digitalisasi ID (melalui NIK) tambahnya, akan dimulai pada  Juni 2021. Dengan digitalisasi ID ini seluruh lembaga hanya perlu melakukan input NIK untuk semua proses layanan yang dibutuhkan.

Untuk menunjang program itu agar  mengoptimalkan perjanjian kerjasama yang telah dibuat dengan perangkat daerah lain serta menambah jumlah PKS sehingga semua perangkat paerah dapat memanfaatkan data kependudukan.

Terkait peran Disdukcapil pencapaian target kinerja selama beberapa tahun ke depan, katanya,  tahun 2022 terdapat peningkatan target capaian dalam pelayanan adminduk karena Oktober 2022  akan dimulai pendataan DP4 untuk persiapan Pilpres 2024.

Maka,  pendataan tersebut memerlukan waktu yang tidak sebentar. Untuk itu diminta kepada aparatur Disdukcapil  dapat memaksimalkan perannya dalam mencapai tujuan dan target tersebut.
Mendengar paparan Zudan,  Kepala Dinas Dukcapil Kota Bekasi Taufik  beserta seluruh jajaran berkomitmen untuk terus dapat memberikan pelayanan yang membahagiakan masyarakat. Adapun  motto mereka “Dukcapil GISA, Dukcapil BISA”. (jonder sihotang)