Indosiar Buka Audisi Bintang Pantura 6 Gratis, Tanpa dipungut biaya apapun!

JAKARTA (independensi.com) – Indosiar kembali menghadirkan ajang pencarian bakat “Bintang Pantura 6”. Kali ini Indosiar memberi kesempatan kepada penyanyi dangdut dari seluruh penjuru daerah untuk berkibar lewat panggung “Bintang Pantura 6”.

Audisi Bintang Pantura 6 dibuka sejak 11 April hingga 23 Mei 2021 mendatang. Masih dalam situasi pandemi Covid-19, proses audisi digelar secara daring atau online.

Irama khas “Pantura” yang kental dengan paduan musik kedaerahan memiliki penggemar yang sudah menyihir lintas kalangan karena mampu memadukan berbagai genre musik terutama dangdut.

“Dengan audisi online, Bintang Pantura 6 akan lebih leluasa menjangkau bakat yang selama ini mungkin terkendala lokasi audisi. Kini mereka tetap dapat mengikuti audisi dengan rasa aman sesuai protokol kesehatan serta efisiensi waktu dan biaya demi mewujudkan mimpi menjadi bintang pentas,” kata Direktur Programming SCM, Harsiwi Achmad, dalam jumpa pers secara virtual.

“Peserta Bintang Pantura harus bisa menghibur secara utuh. Tidak hanya olah vokal, tapi juga punya goyangan khas, ekspresi, dan kreativitas untuk menyuguhkan beragam genre yang dipadukan dengan dangdut. Misalnya rock dangdut atau reggae dangdut. Jadi atraksi mereka di panggung akan kaya,” kata Harsiwi.

Berbeda dengan Liga Dangdut Indonesia (LIDA), yang juga ada di Indosiar, Bintang Pantura lebih menyasar ke penyanyi yang sudah berpengalaman di daerah asalnya. Mereka biasanya telah malang melintang dari panggung ke panggung di berbagai acara.

Audisi online Bintang Pantura 6 bisa diikuti semua kalangan, dengan syarat warga negara Indonesia (WNI), pria dan wanita berusia 15 sampai 27 tahun, solo/duo/trio, berpenampilan menarik, berpengalaman menyanyi di panggung, dan memiliki kemampuan menyanyi dangdut /koplo/campur sari/keroncong /rockdut /reggae-dut/remixdut atau reggae-tong.

Calon peserta dapat melengkapi formulir pendaftaran dengan mengisi biodata diri, foto KTP / KK (kartu keluarga), melampirkan 1 foto close up dan 1 foto full body, mencantumkan link pengalaman peserta menyanyi di panggung (link Youtube / Instagram / Facebook / sosial media lainnya dan pastikan akun sosial media tidak terkunci) dan mengunggah video hasil rekaman calon peserta bernyanyi dengan ekspresif disertai goyangan untuk dua lagu (1 slow beat dan 1 upbeat) tanpa editing suara dan tanpa alat musik atau maksimal menggunakan satu alat musik. Formulir pendaftaran telah tersedia di seluruh platform digital Indosiar (website, Facebook, Twitter, dan Instagram).

Sejak 2015 silam, Indosiar sudah memberikan tempat khusus bagi penyanyi yang kerap tampil dari panggung ke panggung mengekspresikan alunan musik “Pantura” yang kental dengan dangdut.

Lewat panggung “Bintang Pantura” juga penyanyi-penyanyi yang sebelumnya hanya berkiprah dalam skala lokal, kini namanya kian melambung di industri musik dangdut tanah air. Sebut saja Lilis BP, Toto BP, Tika BP, Fitri BP, Jamila BP, dan Dimas Tedjo BP yang namanya dikenal secara nasional sejak menjadi alumnus Bintang Pantura.

Indosiar memberikan ruang bagi para alumnus “Bintang Pantura” untuk semakin eksis dengan dibentuknya Pantura Angels, Pantura Babes, Trio Ngapak dan Pantura Boys.

Indosiar optimis akan menemukan penyanyi-penyanyi khas “Pantura” paket komplit, bersuara merdu dan entertaining yang nantinya siap berkompetisi di Panggung Impian.

Nantinya pendaftar terpilih akan dihubungi langsung oleh pihak Indosiar untuk mengikuti audisi online via aplikasi zoom dan dinilai langsung oleh juri-juri dari Indosiar.