Menkeu Berharap di Bulan Agustus Vaksinasi Covid 19 Naik Jadi 2 Juta Dosis Perhari

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) –Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menyebut, program vaksinasi dilakukan pemerintah sudah tembus lebih dari 51 juta dosis vaksin. Hal ini seiring dengan percepatan pada Juli ini, di mana dalam 1 hari ditargetkan harus 1 juta dosis vaksin yang disuntikan.

“Agustus kami berharap bisa naikin lagi target 2 juta per hari untuk kejar herd imunity,” kata Sri Mulyani dalam Rapat Kerja Bersama dengan Badan Anggaran DPR RI, Senin (12/7/2021).

Sri Mulyani mengatakan, untuk mengejar target dua kali lipat tersebut, pemerintah akan menggandeng TNI-Polri untuk membantu upaya program percepatan vaksinasi di daerah-daerah. Dengan begitu, dia berharap pemulihan ekonomi dan mobilisasi masyarakat bisa kembali berjalan.

“Sehingga ekonomi bisa tetap dijalankan itu semua fungsinya vaksin dan disiplin kesehatan kita,” kata dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta Kementerian Kesehatan menaikkan target angka vaksinasi di Indonesia menjadi satu juta orang per hari di bulan Juli. Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan hal tersebut tidak mustahil, sebab saat ini angka vaksinasi sudah mencapai 716 ribu orang per hari.

“Arahan bapak presiden untuk angka satu juta vaksinasi per hari di awal bulan depan. Sesuai arahan, vaksinasi di angka 716 ribu sudah bisa dicapai,” kata Budi saat jumpa pers daring, Senin (21/6).

Menkes menyatakan dengan peningkatan jumlah orang divaksinasi per harinya, kekebalan komunal dapat lebih cepat terealisasi. “Kita dibantu dengan bantuan TNI Polri, dan awal bulan depan presiden minta sampai angka satu juta, kita percaya (tercapai),” ujarnya.