Percepat Vaksinasi di Banten, TNI-Polri Bantu Tenaga Kesehatan

Loading

BANTEN (Independensi.com) – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. bersama Kapolri Jenderal Pol Drs Listyo Sigit Prabowo, M.Si., Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M., didampingi Gubernur Banten Wahidin Halim, Pangdam III/Slw Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto dan Kapolda Banten Irjen Pol Rudi Heriyanto, meninjau sentra vaksinasi di Universitas Tirtayasa (Untirta) Serang, Banten, Minggu (18/7/2021).

Vaksinasi yang diselenggarakan di Aula Untirta ini dikoordinir oleh Korem 064 MY dan Polda Banten, dengan sasaran target 4.000 orang menggunakan vaksin jenis Sinovac. Adapun tenaga kesehatan yang diperbantukan TNI berjumlah 25 orang, Polri 10 orang dan Dinas Kesehatan Provinsi sebanyak 20 orang.

Di hadapan ribuan masyarakat yang hadir, Panglima TNI menyampaikan bahwa TNI-Polri akan membantu tenaga kesehatan dalam rangka percepatan vaksinasi yang terus akan dilaksanakan di wilayah Banten, sehingga capaian target bisa segera dilalui dan herd immunity (kekebalan komunal) segera bisa dicapai. “Dengan demikian, maka kita sudah mampu melindungi masyarakat kita yang ada di wilayah Banten,” ucapnya.

Panglima TNI juga mengatakan bahwa Bapak Presiden Joko Widodo sudah memberikan bantuan obat-obatan gratis yang akan diberikan kepada masyarakat, yang melaksanakan isolasi mandiri karena adanya gejala atau tanpa gejala. Pendistribusiannya akan diatur secara berjenjang dengan melibatkan Babinsa, Bhabinkamtibmas dan petugas Puskesmas sampai kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Hal ini sangat penting, dan kita harapkan masyarakat yang sedang melaksanakan isolasi mandiri bisa segera sembuh karena adanya obat gratis tersebut,” ujarnya.

Di sisi lain Panglima TNI mengingatkan kembali untuk sama-sama menegakkan disiplin protokol kesehatan yaitu dengan menggunakan masker.  “95% kita akan terlindung dari terpaparnya Covid-19, apabila kita menggunakan masker,” pesannya.

“Kepada media untuk terus menggelorakan penggunaan masker sampai ke tingkat desa, karena permasalahannya saat ini klasternya adalah klaster keluarga,” tambahnya.

Panglima TNI menghimbau kepada Babinsa, Bhabinkamtibmas untuk selalu mengingatkan terus kepada masyarakat jangan lupa menggunakan masker. “Apabila kita ingin terlindung dari paparan Covid-19, kuncinya satu gunakan masker setelah itu baru divaksinasi, sehingga kita memiliki kekebalan, kita punya daya tahan, apabila kita diserang oleh yang namanya Covid,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Panglima TNI dan Kapolri melepas ribuan paket Bantuan Sosial (Bansos) kepada masyarakat secara simbolis yang dilakukan oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas di halaman GOR Untirta. Total bansos yang dibagikan sebanyak 136 ton beras dan 150.000 paket sembako.

Sementara gudang obat paket di Kodim Serang untuk didistribusikan kepada warga yang isoman yaitu paket isoman 2 sebanyak 790 paket dan paket isoman 3 sebanyak 790 paket. Selain obat-obatan paket Isoman, Kodim juga ada upaya swadaya untuk menyediakan obat-obatan lain dan alat kesehatan ringan. (Prs)