Ketua Pengurus Daerah IJTI Jakarta Raya, Febby Budi Prasetyo

Pesan Pelantikan Pengurus Jakarta Raya, Ketum IJTI : Jaga Kemerdekaan Pers !

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Ketua Umum Ikatan Jurnalis Televisi (IJTI) Yadi Hendriana melantik IJTI Pengurus Daerah (Pengda) Jakarta Raya periode 2 Agustus  2021 – 2 Agustus 2024 secara daring, Senin (2/8/2021). Mereka yang dilantik adalah Ketua Febby Budi Prasetyo dari MNC, Sekretaris Kennorton Hutasoit (Metro TV), dan Bendahara Denny Batubara (BeritaSatu TV) dan pengurus-pengurus lainnya (lampiran). 

Dalam pelantikan ini, Yadi mengatakan organisasi harus berdiri di garda terdepan untuk menjaga kemerdekaan pers, menjaga profesi jurnalis, dan menjaga kepentingan jurnalis yang merupakan anggota IJTI. IJTI, kata Yadi, konsen pada kemerdekaan pers yang akhir-akhir ini digoyang dari berabgai pihak terkait masalah regulasi.

IJTI berperan melakukan pendekatan kepada pihak-pihak terkait sehingga ketentuan-ketentuan yang berpotensi menjadi ancaman pada kemerdekaan pers.

“IJTI ikut di depan. IJTI meminta, memprotes dan akhirnya dikabulkan pembatalan yang mengancam kemerdekaan pers,” kata Yadi dalam keterangan pers.

Yadi menambahkan, IJTI Pengda Jakarta Raya agar turut menjaga marwah kebebasan pers, berkomitmen kepada anggota dalam meningkatkan kompetensi dan kemampuan jurnalis.
“Harus memiliki komitmen yang jelas dan memiliki integritas dan IJTI sebagai konstituen Dewan Pers ikut menjaga kodek etik sebagai dasar berorgansiasi,” ujarnya.

Yadi mengingatkan jangan sampai IJTI berubah fungsi menjadi pesta pora atau hanya membawa kepentingan pribadi masing-masing. IJTI. Kata Yadi, harus berfungsi sebagai kepanjangan tangan anggota, kepanjangan tangan dari organisasi dan kepanjangan tangan dalam mewujudkan cita-cita pers Indonesia.

“IJTI harus bisa melahirkan jurnalis yang multitasking, berintegritas, bertanggung jawab, dan memiliki komitmen pada profesinya. Untuk itu, IJTI Pengda Jakarta Raya agar melakukan pelatihan dan uji kompetensi bagi anggota organisasi,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Pengda IJTI Jakarta Raya, Febby Budi Prasetyo yang biasa dipanggil Azonk berkomitmen untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan jurnalis televisi di Jakarta.

“Pelatihan dan pelaksanaan Uji Kompetensi Jurnalis sudah masuk dalam program kerja IJTI Pengda Jakarta. Awal Agustus ini kami sudah mempersiapkan pelaksanaan kegiatan pelatihan dan UKJ,” ujarnya.