Tim basket nasional U-18 yang akan berlaga di FIBA World Cup U-18 di Hungaria pada 24 hingga 29 Agustus 2021. (Istimewa)

Timnas Basket U-18 Menuju Hungaria 

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Timnas Bola Basket Indonesia U-18 putera dan puteri bertolak ke Hungaria untuk berlaga di FIBA World Cup U-18 pada 24 hingga 29 Agustus 2021.

Penanggung Jawab Timnas Bola Basket Indonesia U-18 Lie Wen mengatakan, kontingen berangkat ke Hungaria berisikan masing-masing empat atlet untuk timnas putera dan puteri. Mereka dipimpin team delegate Taufik Ismail untuk timnas puteri U-18 dan Syafil Ali Mubarak untuk timnas putera U-18.

“Apa yang kita khawatirkan tidak terjadi. Semua hasil tes swab PCR negatif sehingga mereka berangkat membela Merah Putih di FIBA World Cup U-18 di Hungaria,” jelas Wahyu Gunarto, nama lain Lie Wen seperti dikutip dari rilis PP Perbasi, Minggu (22/8/2021).

Untuk Timnas Bola Basket Indonesia U-18 putera, tergabung di Pool A. Mereka akan mengawali perjuangan pada 24 Agustus melawan Brazil pada pukul 14.00 WIB. Kemudian di hari yang sama melawan Ukraina pukul 15.40 WIB. Perjuangan dilanjutkan melawan Prancis pada 26 Agustus 2021 pukul 12.05 WIB. Selanjutnya pada 14.55 WIB menghadapi Kazakhstan. Jika rajin koleksi hasil positif, akan melaju ke semifinal.

Sedangkan untuk Timnas Bola Basket Indonesia U-18 puteri tergabung di Pool C akan mengawali perjuangan melawan tim kuat Jerman pada 25 Agustus pukul 20.40 WIB. Kemudian melawan Israel pukul 18.00 WIB pada 27 Agustus. Pertarungan di pool ini ditutup dengan menghadapi Latvia.

Sebelum berjuang, para patriot Indonesia itu dilepas pengurus PP Perbasi. Tampak dalam acara pelepasan di Bandara Soekarno-Hatta itu Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi, Wakil Ketua Umum PP Perbasi Bidang Pembinaan dan Prestasi George F. Dendeng juga Wakil Ketua Umum PP Perbasi Bidang Bisnis dan Marketing PP Perbasi Francis Wanandi.

“Kami datang untuk memberikan motivasi kepada para pemain bahwa bermain di event sekelas World Cup merupakan kesempatan langka. Jangan sia-siakan kesempatan ini untuk memberikan penampilan terbaik. Tunjukkan bahwa kita bangsa pertarung. Apalagi di kejuaraan ini, banyak pengalaman dan pelajaran bisa diambil untuk masa depan pemain itu sendiri,” ungkap Nirmala.

Team delegate Timnas Bola Basket Indonesia U-18 Puteri Taufik Saleh mengatakan, para pemain sudah siap memberikan penampilan terbaik di setiap laga. Totalitas akan dipertunjukkan demi menjaga harga diri bangsa di kancah dunia. “Minimal kami harus bisa mengambil satu dari tiga pertandingan di Pool C,” tukasnya.