Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau pekerjaan rehabilitasi Bendung Cikeusik yang berada di Desa Legok Kecamatan Cidahu Kabupaten Kuningan

Menteri Basuki Tinjau Rehabilitasi Bendung Cikeusik untuk Tingkatkan Kesejahteraan Petani Kuningan Jawa Barat

Loading

JAKARTA (Independensi.com)  – Di sela-sela kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Barat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau pekerjaan rehabilitasi Bendung Cikeusik yang berada di Desa Legok Kecamatan Cidahu Kabupaten Kuningan, Selasa (31/8/2021).

Menteri Basuki mengatakan, Bendung Cikeusik yang telah berusia lebih dari 100 tahun tersebut memiliki peranan penting untuk masyarakat dalam pertanian sejak zaman kolonial Belanda. Rehabilitasi dilakukan untuk mengembalikan kemampuan layanan pengairan daerah irigasi sehingga meningkatkan kesejahteraan petani di Kuningan, Jawa Barat.

“Untuk itu diperhatikan kualitasnya. Kerjakan yang benar, kualitas jangan dikurangi. Karena ini infrastruktur air untuk irigasi penting buat masyarakat. Apalagi ini umurnya sudah 100 tahun lebih,” pesan Menteri Basuki.

Menteri Basuki menginstruksikan agar mempercepat pengerjaan dengan menambah jumlah pekerja untuk mengantisipasi adanya hujan deras.  “Tambah orang untuk pekerjanya agar lebih cepat selesainya mengantisipasi datangnya musim hujan dan risiko banjir,” kata Menteri Basuki.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk-Cisanggarung Ditjen SDA Kementerian PUPR Ismail Widadi mengatakan, Bendung Cikeusik merupakan salah satu bendung tertua di Indonesia yang dibangun Pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1890.

“Bendung ini melengkapi daerah irigasi Cikeusik yang telah beroperasi beberapa tahun sebelumnya pada 1884. Dengan usia lebih dari 100 tahun tentu banyak terjadi kerusakan pada tubuh bendung maupun saluran irigasinya. Kegiatan rehabilitasi besar satu-satunya yang pernah dilakukan pada tahun 1978 lalu,” tutur Ismail.

Selanjutnya sejak tahun 2012, menurut Ismail dilaksanakan pemeliharaan rutin dan berkala bendung yang dilaksanakan BBWS Cimanuk-Cisanggarung, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR.

“Kemudian pada tahun 2020 kami memulai rehabilitasi Bendung Cikeusik, yang diharapkan dapat mengoptimalkan layanan sesuai kapasitas awal seluas 6.899 ha dengan catatan tidak ada alih fungsi lahan sawah. Namun saat ini di lapangan tercatat bendung ini melayani daerah irigasi seluas 6.178 ha,” kata Ismail.

Hingga saat ini dikatakan Ismail, progres fisiknya sudah 79,55%, dengan target rampung pada November 2021 sesuai kontrak senilai Rp33,16 miliar yang dilaksanakan kontraktor PT Karya Kita Putra Pertiwi. “Rehabilitasi terutama pada tubuh bendung, Kolam Olak, sayap hulu sayap hilir, perkuatan tanggul, perbaikan lantai jembatan dan perbaikan lanskap agar lebih indah. Tahun berikutnya akan dilanjutkan perbaikan saluran-saluran primer, sekunder, dan tersier,” ujarnya.

Turut hadir dalam tinjauan tersebut Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Jarot Widyoko, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan. Endra S. Atmawidjaja, dan Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta-Jawa Barat Kementerian PUPR Wilan Oktavian. (adv/wst)