Presiden Jokowi Lakukan Peletakan Batu Pertama Papua Youth Creative Hub di Jayapura

Loading

JAKARTA (Independensi.com)  – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya mendukung pembangunan pusat pengembangan kreativitas pemuda/pemudi Papua atau Papua Youth Creative Hub di Jayapura, Provinsi Papua. Secara seremoni, pembangunan konstruksi Papua Youth Creative Hub ditandai dengan kegiatan peletakan batu pertama (groundbreaking) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Jayapura, Sabtu (2/10/2021).

Acara groundbreaking juga dihadiri, Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan, dan Staf Khusus Presiden RI Billy Mambrasar.

Presiden Jokowi menyampaikan  pembangunan Papua Youth Creative Hub merupakan tindaklanjut pertemuan Presiden Jokowi dengan pemuda-pemudi Papua di Istana Negara pada September 2019 lalu. Selanjutnya pemerintah pusat mendukung pembangunan pusat kreativitas untuk memberikan porsi ruang yang lebih bagi pemuda/pemudi Papua dan Papua Barat dalam pengembangan teknologi, inovasi maupun produk-produk lokal Papua.

“Banyak bibit unggul dengan talenta yang sangat baik di Papua dan Papua Barat baik di bidang saint, seni budaya, maupun bidang olahraga, dan ini menjadi tugas besar kita semua untuk menyiapkan manajemen talenta yang baik untuk menata, di sinilah nanti peran Papua Youth Creative Hub,” kata Presiden Jokowi dalam sambutannya.

Presiden berharap Papua Youth Creative Hub bisa menjadi motor penggerak, bisa menjadi pusat pengembangan talenta-talenta muda di Tanah Papua serta sebagai pusat kreativitas anak-anak muda Papua dalam memperkuat ekosistem inovasi dan teknologi yang baik.

“Kita harapkan nanti di akhir 2022 sudah selesai dan lembaganya siap, sehingga kita harapkan dalam waktu cepat bisa segera dimanfaatkan untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Papua dan Papua Barat,” tutur Presiden.

Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Papua, Ditjen Cipta Karya mendukung pembangunan infrastruktur Papua Youth Creative Hub yang berada di Jalan Poros Abepura atau berjarak sekitar 11 km dari pusat Kota Jayapura.

Dalam paparannya kepada Presiden, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Papua, Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR Cornelis Sagrim mengatakan, Papua Youth Creative Hub dibangun di atas lahan seluas 15.000 m2 dengan luas bangunan utama 3.520 m2 dan bangunan penunjang 1.812 m2.

“Bangunan Papua Youth Creative Hub di antaranya akan dilengkapi dengan ruang co-working space, ruang pameran, ruang teater untuk pengembangan seni dan budaya, ruang riset, kuliner space dan kesehatan. Nanti juga dilengkapi bangunan dormitory atau ruang asrama serta lahan parkir berkapasitas 53 mobil, 154 motor, dan lansekap,” kata Cornelis Sagrim.

Anggaran pembangunan Papua Youth Creative Hub sekitar Rp98 miliar yang bersumber dari APBN dengan masa pelaksanaan pekerjaan September 2021-Desember 2022. Saat ini pembangunan Papua Youth Creative Hub sudah selesai lelang dengan kontraktor pelaksana PT Nindya Karya (Persero).

Hadir juga dalam acara groundbreaking, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, Direktur Prasarana Strategis Ditjen Cipta Karya Iwan Suprijanto, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Papua Cornelis Sagrim, Kepala Balai Wilayah Sungai Papua Nimbrot Rumaropen, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Papua Edu Melki Paulus Sasarari, dan Dirut PT Nindya Karya (Persero) Haedar A Karim. (wst)