PT. Astra International Tbk. melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) membuka akses jaringan internet Very Small Aperture Terminal (VSAT) sebagai upaya mendukung digitalisasi sekolah binaan di Provinsi NTT, Selasa (5/10/2021).

Tingkatkan Mutu Pendidikan Indonesia, YPA-MDR Dukung Digitalilasi Sekolah Binaan di Provinsi NTT

Loading

NTT (Independensi.com) – Sebagai bentuk nyata dalam meningkatkan mutu pendidikan Indonesia di wilayah prasejahtera dan 4 T (Terdepan, Terluar, Tertinggal dan Terdalam), PT. Astra International Tbk. melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) membuka akses jaringan internet Very Small Aperture Terminal (VSAT) sebagai upaya mendukung digitalisasi sekolah binaan di Provinsi NTT (5/10).

Ketua Pengurus YPA-MDR, Herawati Prasetyo mengatakan “sejak 2018, YPA-MDR mendorong program sekolah berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk sekolah-sekolah binaan melalui pemenuhan ketersediaan sarana dan prasarana untuk menunjang Digitalisasi sekolah sekaligus mendukung terlaksananya program literasi digital di sekolah binaan.

Khusus sekolah-sekolah binaan YPA-MDR telah kami lengkapi dengan perpustakan digital yang didalamnya terdapat ribuan buku pelajaran, video pendidikan, soal-soal try out serta komik literasi moral, budi pekerti dan kesehatan. Oleh karena itu, hari ini YPA-MDR secara resmi memberikan bantuan berupa pembukaan akses jaringan internet VSAT tahap satu untuk 12 sekolah binaan di Provinsi NTT yang tersebar di Kecamatan Amarasi Selatan, Takari dan Rote Barat”.

Herawati menambahkan “Bantuan Internet yang kami berikan berupa VSAT dikarenakan sekolah-sekolah binaan berada di daerah yang masih sulit sinyal sehingga yang paling efektif adalah internet dengan terkoneksi langsung dengan satelit. YPA-MDR juga menargetkan hingga Desember 2021, terdapat 30 sekolah binaan di Provinsi NTT yang sudah terbuka akses jaringan internetnya”.

Melalui pembukaan akses internet di sekolah-sekolah binaan YPA-MDR diharapkan dapat mewujudkan sekolah yang berwawasan global serta menjadi solusi dalam tantangan globalisasi untuk mendapatkan informasi pembelajaran yang cepat, luas dan tak terbatas.

Kontribusi YPA-MDR untuk Pendidikan Indonesia

Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) yang berdiri sejak tahun 2009 adalah yayasan yang secara khusus didirikan dan dimiliki oleh PT Astra International Tbk sebagai pelaksana kontribusi social berkelanjutan bidang pendidikan dengan membina sasaran sekolah-sekolah di daerah prasejahtera atau 4T (Tertinggal, Terdepan, Terluar Dan Terdalam) di Indonesia dan menjadi wujud dari pilar Astra untuk Indonesia Cerdas.

Visi, misi dan goal YPA-MDR adalah menjadi lembaga yang mewujudkan Sekolah Unggul di daerah prasejahtera dan yang mampu mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas sebagai agent of change menuju masyarakat sejahtera. Pola pembinaan yang dilakukan berdasarkan 4 Pilar, yang meliputi Pilar Akademis, Pilar Karakter, Pilar Kecakapan Hidup dan Pilar Seni Budaya. Selain itu, YPA-MDR juga memberikan bantuan berupa sarana prasarana penunjang kegiatan belajar mengajar sesuai Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Hingga saat ini, YPA-MDR telah membina 110 sekolah (jenjang SD, SMP dan SMK/SMA) yang tersebar di 13 kabupaten, yaitu Kabupaten Lampung Selatan, Serang, Tangerang, Bogor, Majalengka, Kapuas, Kutai Barat, Barito Utara, Bantul, Gunung Kidul, Pacitan, Kupang dan Rote Ndao.