Kapolresta Cirebon Monitoring Vaksinasi Massal di Zona Barat

Loading

CIREBON (IndependensI.com) – Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman memonitor pelaksanaan vaksinasi massal di zona barat Kabupaten Cirebon, Selasa (2/11/2021). Di antaranya, Dukupuntang, Panguragan, dan Ciwaringin.

Menurutnya, sasaran vaksinasi massal kali ini adalah para lansia dan masyarakat umum di Kabupaten Cirebon. Pihaknya memastikan kegiatan tersebut berjalan lancar dan disambut tingginya antusiasme masyarakat khususnya para lansia.

“Kegiatan ini digelar untuk mempercepat capaian vaksinasi lansia. Kami juga melibatkan para tenaga kesehatan puskesmas, bidan desa, personel TNI dan Sidokkes Polresta Cirebon sebagai vaksinatornya,” ujar Kombes Pol Arif Budiman.

Ia mengatakan, capaian vaksinasi massal kali ini sebanyak 15.150 orang. Mereka mengikuti vaksinasi massal di sejumlah lokasi. Di antaranya, 51 puskesmas yang menggelar vaksinasi massal di desa-desa dan berhasil menjaring 13.150 orang dan di 12 rumah sakit diikuti 407 orang.

Selain itu, vaksinasi mobile Sidokkes Polresta Cirebon juga diikuti 134 orang, sedangkan vaksinasi yang dilakukan nakes dari unsur TNI mencapai 760 orang. Pihaknya juga melaksanakan vaksinasi door to door yang melibatkan bidan desa, Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang diikuti oleh 699 lansia.

“Seluruh vaksinasi kali ini ini dalam rangka akselerasi terbentuknya herd immunity masyarakat Kabupaten Cirebon. Agar pandemi Covid-19 yang hingga kini masih melanda segera berakhir,” ujar Kombes Pol Arif Budiman.

Namun, ia berpesan kepada seluruh warga yang telah divaksin tetap mematuhi protokol kesehatan. Sebab, vaksinasi bukan jaminan membuat kebal dari Covid-19 sehingga mereka masih mempunyai kemungkinkan terpapar.

“Kami mengimbau agar protokol kesehatan selalu diterapkan setiap saat, bahkan jika perlu diperketat lagi. Dari mulai memakai masker saat keluar rumah, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas,” kata Kombes Pol Arif Budiman.